Abstract
Persaingan bisnis yang semakin ketat dengan perusahaan sejenis membuat perusahaan semakin dituntut supaya lebih bergerak cepat dalam menarik para konsumen. Metode dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner, dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik deskriptif. Sampel yang digunakan 40 responden dan diambil secara incidental sampling, analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis yaitu uji t dan uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Berdasarkan hasil koefisien determinasi variabel store atmosphere (X1), lokasi usaha (X2), dan kualitas produk (X3) dalam menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 96,6%, sedangkan sisanya 3,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dikaji pada penelitian ini. 2) Berdasarkan uji t, store atmosphere, lokasi usaha, dan kualitas produk secara parsial (individual) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan berdasarkan uji F, store atmosphere, lokasi usaha, dan kualitas produk secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Aeki, and Aice. 2017. “Industri Kopi Indonesia.” Aeki-Aice 1.
Anggraeni, Alvina Rahma, and Euis Soliha. 2020. “Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang).” Al Tijarah 6(3):96–107.
Fiani, S. Margaretha, and E. Japarianto. 2012. “Analisa Pengaruh Food Quality Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s Di Kota Solo.” ..Jurnal Manajemen Pemasaran 1(1):1–6.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi Edisi 7. Vol. 21. 7th ed. Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Manajemen. 14th ed. New Jersey: Global Edision Pearson dan Prentice.
Nugroho, Septian Galih, and Ita Rifiani Permatasari. 2019. “PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI COFFEE SHOP PEH KOPI KEDIRI.” Jurnal Aplikasi Bisnis 5(2):402–5.
Peter, J. P., and J. C. Olson. 2014. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Jakarta: McGraw-Hill Education (Asia) dan Salemba Empat.
Priadi, Dhea Ratu, and Joko Samboro. 2020. “PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOPI BOSSKU KEDIRI.” Jurnal Aplikasi Bisnis 6(1):109–12.
Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Ratnanto, Sigit, Fajar Wahyudi, and Bambang Agus Sumantri. 2020. “Analisa Kualitas Produk, Harga, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sepakbola Specs (Studi Kasus Pada PS. Ngronggo Putra Kota Kediri).” Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sangadji, and Sopiah. 2016. Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono, Prof. Dr. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, Dan Penelitiab.
Utami, C. W. 2017. Manajemen Ritel : Strategi Dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Jakarta Selatan: Salemba Empat.