SIGNIFIKANSI HARGA, FASILITAS DAN LAYANAN PADA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN HOTEL DI DIAGRAM SCATTER
PDF

Keywords

Fasilitas, Harga, Hotel, IPA, Pelayanan, Tingkat Kepuasan

How to Cite

Purnomo, H. ., Sardanto, R. ., & Muslih, B. . (2020). SIGNIFIKANSI HARGA, FASILITAS DAN LAYANAN PADA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN HOTEL DI DIAGRAM SCATTER. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(1), 293–299. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/266

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen Hotel Lotus Garden dan Resort, ditinjau dari prediktor harga, fasilitas dan pelayanan. Tingkat kepuasan diukur dengan membandingkan nilai harapan dan nilai kepuasan yang diterima konsumen, selanjutnya dianalisis kedudukannya pada diagram scatter.  Pendekatan riset menggunakan deskriptif kuantitatif, dan  tata cara mengumpulkan data memakai angket, sedangkan teknik analisis data dengan Important Performace Analysis. Besaran sampel dalam penelitian sebesar 80 responden, dengan metode pengambilan sampel dengan memakai metode probability sampling.  Temuan penelitian menyatakan bahwa harga masih perlu ditingkatkan oleh manajemen hotel terutama untuk keterjangkauan harga dan daya saing harga, dan mempertahankan posisi kesesuaian harga dengan jasa hotel.  Fasilitas hotel  perlu ditingkatkan, untuk tata cahaya dan warna, sedangkan perlengkapan dapat dipertahankan. Pelayanan hotel perlu dipertahankan untuk keandalan dan daya tanggap karyawan

PDF

References

Ali, F., Amin, M., & Cobanoglu, C. (2016). An Integrated Model of Service Experience, Emotions, Satisfaction, and Price Acceptance: An Empirical Analysis in the Chinese Hospitality Industry. Journal of Hospitality Marketing and Management, 25(4), 449–475. https://doi.org/10.1080/19368623.2015.1019172

Chandra, S. M., & Tielung, M. V. J. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Hotel Baliem Pilamo Di Wamena. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3)., 3(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/9771/9357

Desembrianita, E., & Ruslin. (2016). Terhadap Keputusan Pelanggan Untuk Menggunakan Jasa Hotel Oval Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(2), 345–354.

Efrianto, A. (2016). Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi Dan Layanan Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel The Alana Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(September). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/1040/1055/

El-Adly, M. I. (2019). Modelling the relationship between hotel perceived value, customer satisfaction, and customer loyalty. Journal of Retailing and Consumer Services, 50, 322–332. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.07.007

Geissler, G. L., & Rucks, C. T. (2011). The overall theme park experience: A visitor satisfaction tracking study. Journal of Vacation Marketing, 17(2), 127–138.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gumussoy, C. A., & Koseoglu, B. (2016). The effects of service quality, perceived value and price fairness on hotel customers’ satisfaction and loyalty. Journal of Economics, Business and Management, 4(9), 9. https://doi.org/10.18178/joebm.2016.4.9.446

Janet Arlita Rewa. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hotel Grand Aquila Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (ALMANA), 3(3). http://journalfeb.unla.ac.id/index.php/almana/article/view/1265

Kesuma, E., Amri, & Shabri, M. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan pada sulthan hotelbanda aceh. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala., 4(November 2015), 176–192. https://doi.org/10.2169/internalmedicine.55.5507

Kotler, P., & Kellere, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Boston : Pearson Education Limited.

Line, N. D., & Runyan, R. C. (2012). Hospitality marketing research: Recent trends and future directions. International Journal of Hospitality Management, 31(2), 477–188.

Lovelock, C. H., Jochen Wirtz, & Mussry, J. (2011). Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia (1st ed.). Terjemahan Dian Wulandari dan Devri Barnadi Putera. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Lupiyoadi, & Rambat. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba.

Maier. (2012). International hotel revenue management: Web-performance effec- tiveness modeling—research comparative. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 3(2), 121–137., 3(2), 121–137.

Muhammad Imam Fazrurahman, Hari Muharam, Y. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Lorin Sentul. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 4(4). https://jom.unpak.ac.id/index.php/ilmumanajemen/article/view/1303

OECD. (2020). “SME Policy Responses.” https://read.oecdilibrary.org/view/?ref=119_119680-di6h3qgi4x&title=Covid19_SME_Policy_Responses.

Ratnanto, S., & Purnomo, H. (2019). Perceived Dan Expectation Value Dengan Metode SERVQUAL Studi: siakad.unpkediri.ac.id. 361–367.

Rayos, R. rindang, & Agus, M. (2013). Analisis dan Perbaikan Layanan Hotel Menggunakan Serqual dan Diagram Kartesius ( Studi Kasus di Hotel Kombokarno ). Telaah Bisnis, 14, 119–132.

Ruiz, D., & Castro, B., & Diaz, I. (2012). Creating customer value through service experiences: An empirical study in the hotel industry. Tourism and Hospitality Management, 18(1), 37–53.

Shomad, R. (2015). Pengaruh Kondisi Lingkungan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Hotel (Studi Kasus Pada Lotus Garden Hotel Kediri). Jurnal Ilmiah Cendekia, 13(2), 90–99.

Srijani, N. (2017). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Aston Madiun Hotel & Conference Center. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, 7, 31–38.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis (8th ed.). Bandung : Alfabeta.

Susepti, A., Hamid, D., & Kusumawati, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Tamu Hotel(Studi Tentang Persepsi Tamu Hotel Mahkota Plengkung Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 50(5), 27–36.

Susilo, Heri, ect all (Fakultas E. dan B. U. P. S. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Di Hotel Amanda Hills Bandungan. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/viewFile/989/964

Tjiptono, Fandy, Chandra, G. (2011). Service, Quality and Satisfaction (3rd ed.). Andi, Yogyakarta.

Walls, A., Okumus, F., Wang, Y., & Kwun, D. J. W. (2011). Understanding the con- sumer experience: An exploratory study of luxury hotels. Journal of Hospitality Marketing & Management, 20(2), 166–197. Journal of Hospitality Marketing & Management, 20(2), 166–197.