Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada CV. BERKAH AGUNG Indonesia

Main Article Content

Febri Agung Wahyudi

Abstract

 


Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dengan penilaian kualitas pelayanan, dan kepuasan konsumen pada terhadap loyalitas konsumen CV. Berkah Agung dapat dilihat kondisi CV tersebut baik atau tidaknya untuk bertahan dan berkembang dalam mencapai tujuan CV saat ini dan masa yang akan datang. Penilaian kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen berguna bagi CV untuk mengevaluasi kinerjanya pada periode yang berjalan. Pelayanan yang baik dapat mempengaruhi kepuasan konsumen pada CV tersebut.


Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen? (2) Apakah harga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen? (3) Apakah kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen? (4) Apakah kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen?.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 3 yaitu wawancara, observasi dan studi kepustakaan.


Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa kualitas pelayanan, harga dan kepuasan konsumen CV. Berkah Agung dapat mempengaruhi perkembangan dalam mencapai tujuan CV. Berkah Agung dimasa yang akan datang.


 


Kata kunci : Kualitas pelayanan, kepuasan dan loyalitas konsumen.

Article Details

How to Cite
Wahyudi, F. A. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada CV. BERKAH AGUNG : Indonesia. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 184–192. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/856
Section
Articles

References

Akbar, M. R. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Minat Beli Mobil Mitsubishi Xpander di Kota Medan (Studi Pada Konsumen Mitsubishi di Kota Medan): UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN 2018. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/5467

Arianto, N. dan F. K. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir): Jurnal Pemasaran Kompetitif 2021;4:254 – 268. doi: 10.32493/jpkpk.v4i2.9647

Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik: Rineka Cipta; 2010

Arikunto, S. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.. Jakarta: Bumi Aksara 2013; Edisi 2

Azwar. Metode Penelitian: Pustaka Pelajar. 2012.

Dewi, C. A. S. PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SOLARIA (Survei Pada Konsumen Solaria Cihampelas Walk Bandung): Manajemen Universitas Pasundan Bandung. 2018. http://repository.unpas.ac.id/39939

Khusnia, R., Hufron, M., & Primanto, A. B. Pengaruh Kualitas Produk, Lifestyle, dan Atmosfer Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan My Kopi-O Indonesian Bistro Kota Malang): E – Jurnal Riset Manajemen. 2020; 8(15):157–170. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/8270/

Kotler, P. dan A. Prinsip-prinsip Pemasaran: Erlangga. 2012

Mudrajat, K. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi: Erlangga. 2013

Naim, F. PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TOKO BUSANA MUSLIM ILHAM KOMPLEK MENARA KUDUS: Universitas Agam Islam Negeri Kudus. 2019. http://repository.iainkudus.ac.id/3002/

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D: CV Alfabeta. 2016