DAMPAK E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH(UMKM) JURAGAN BIBIT.ID DIKECAMATAN PRAMBON
pdf

Keywords

E-Commerce, Shopee, UMKM, kualitas produk, kepuasan pelanggan, loyalitas

How to Cite

Dana, M. D. N., Soeprajitno, E. D. ., & Kurniawan, R. . (2024). DAMPAK E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH(UMKM) JURAGAN BIBIT.ID DIKECAMATAN PRAMBON. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 9. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/5446

Abstract

Dengan pesatnya perkembangan Teknologi dan Informasi, khususnya internet, dampak signifikan dirasakan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk sektor ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak E-Commerce, khususnya platform Shopee, terhadap perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Nganjuk. E-Commerce, atau perdagangan elektronik, memungkinkan pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka secara efisien dan menjangkau konsumen lebih luas. Fenomena pandemi Covid-19 juga mendorong banyak pelaku usaha untuk beralih ke platform E-Commerce guna mempertahankan bisnis mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan studi kasus pada beberapa pelaku UMKM di Kabupaten Nganjuk. Data dikumpulkan melalui wawancara untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai pengaruh E-Commerce terhadap bisnis mereka.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-Commerce secara signifikan meningkatkan kualitas produk, kepuasan pelanggan, dan loyalitas konsumen. UMKM yang menerapkan strategi pemasaran digital dan memanfaatkan platform online dapat menjaga kualitas produk mereka, menerima umpan balik konsumen, dan memberikan pelayanan yang lebih baik. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa E-Commerce memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan UMKM di Kabupaten Nganjuk, terutama dalam hal peningkatan kualitas produk, kepuasan pelanggan, dan loyalitas konsumen. Temuan ini mengindikasikan pentingnya adaptasi teknologi dalam menghadapi tantangan ekonomi, terutama di masa pandemi, serta perlunya strategi pemasaran digital yang efektif untuk mendukung keberlanjutan bisnis UMKM..

pdf

References

Prihandini RD. Eksistensi Industri Tahu Kuning Di Kediri Tahun 1990-2020. J Pendidik Sej [Internet]. 2021;10(3):1–9. Available from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/40960/35363

Imran I, Dona Amelia, Adriansyah, Kuliman, Kenda silvia. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen Studi Kasus Sanjai Rina Kota Payakumbuh. JEMSI (Jurnal Ekon Manajemen, dan Akuntansi). 2023;9(2):473–83.

Najiyah F, Khasanah U, Asas F. Pengaruh Kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Insight Manag J. 2022;2(2):45–53.

Madrianah, M., Kausar, A., Muchsidin, F. P., & Verawaty V. Pengaruh E-Commerce terhadap Pendapatan UMKM yang Bermitra Gojek dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kota Makassar. Jemma (Journal Econ Manag Accounting).

Prabowo AY. Digital Marketing untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo; 2018.

Hendrawan. Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk Umkm Asti Gauri Di Kecamatan Bantarsari Cilacap. J Adm dan Kesekretarisan. 2019;

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2019.

Maulana BR. Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, harga terhadap loyalitas konsumen CV. Usaha bersama grafika melalui kepuasan konsumen. 2019.

Fatihudin D, Firmansyah A. Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish. Yogyakarta: Deepublish; 2019.

Kotler P, Armstrong G. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga; 2016.