PENERAPAN METODE CPM (CRITICAL PATH METHOD) DAN GANTT CHART UNTUK MENINGKATKAN EFESIENSI WAKTU DAN BIAYA PADA PROYEK PEMELIHARAAN JALAN POROS UTAMA SANGGRAHAN-BALETURI KABUPATEN NGANJUK

Main Article Content

Wiwik Widowati
Rony Kurniawan

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah perkembangan proyek saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat, banyak pembangunan yang dilakukan dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat. Demi kelancaran sebuah proyek maka sangat diperlukan manajemen yang baik untuk merencanakan dan menyelesaikan pengerjaan hingga berakhirnya proyek Dalam mengestimasi sebuah proyek tentunya dibutuhkan optimalisasi biaya dan waktu, optimalisasi digunakan untuk mengoptimalkan sumber - sumber yang diperlukan serta dapat meminimalisir resiko yang ada dan tetap berfokus keberhasilan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui durasi optimal proyek pemeliharaan Jalan Poros Utama (2) mengetahui aktivitas jalur kritis yang terdapat pada proyek pemeliharaan Jalan Poros Utama (3) mengetahui aktivitas yang dapat dilakukan bersama-sama pada proyek pemeliharaan Jalan Poros Utama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan meneliti suatu objek tertentu kemudian mendiskripsikan secara sistematis mengetahui objek yang diteliti. Sedangkan untuk pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa angka-angka yang dapat dihitung secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari aktivitas kritis maka hasilnya menunjukkan waktu penyelesaian proyek lebih cepat selesai dari waktu perkiraan perusahaan yaitu 60 hari. Melalui perhitungan penerapan CPM waktu penyelesaian proyek selesai dalam waktu yang optimal 39 hari, ini memiliki selisih waktu 21 hari dari waktu yang ditentukan perusahaan. (2) dari aktivitas pengerjaan yang dilakukan secara bersama-sama pada menunjukkan jalur kritis terdapat pada pengerjaan aktivitas A, B, D, F, G, H, I, K, dan L.

Article Details

How to Cite
Widowati, W., & Kurniawan, R. (2021). PENERAPAN METODE CPM (CRITICAL PATH METHOD) DAN GANTT CHART UNTUK MENINGKATKAN EFESIENSI WAKTU DAN BIAYA PADA PROYEK PEMELIHARAAN JALAN POROS UTAMA SANGGRAHAN-BALETURI KABUPATEN NGANJUK. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 360–368. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/709
Section
Articles

References

Hardiyanto, S. Optimalisasi Proyek Pembangunan Gedung Parking dan Masjid RSUD Pare Oleh PT ARWI GRAHA SEJAHTERA Dengan Metode Jalur Kritis (Critical Path Method). http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2018/14.1.02.02.0223.pdf (2018)

Heizer, J., & Render,. manajemen operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasok, edisi 11, Salemba Empat. Jakarta (2015)

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta (2012)

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta (2016)

Most read articles by the same author(s)