ANALISIS MANAJEMEN KREDIT DALAM UPAYA MEMINIMALKAN KREDIT BERMASALAH PADA PT. BPR JWALITA TRENGGALEK
PDF

Keywords

Manajemen Kredit, Kredit Bermasalah

How to Cite

Wahyuni, . Y., & Widiawati, H. S. . (2018). ANALISIS MANAJEMEN KREDIT DALAM UPAYA MEMINIMALKAN KREDIT BERMASALAH PADA PT. BPR JWALITA TRENGGALEK . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 3(1), 275–282. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/563

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kredit bermasalah memiliki resiko tinggi bagi kelangsungan hidup perbankan jika tidak dikelola dengan baik. Untuk menghindari kredit bermasalah diperlukan suatu pengelolaan atau manajemen kredit dalam menjalankan aktivitas pemberian kreditnya, dengan adanya analisis manajemen kredit sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada PT. BPR Jwalita Trenggalek akan dapat meminimalkan terjadinya kredit bermasalah. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana manajemen kredit yang dilakukan dalam upaya meminimalkan kredit bermasalah? (2) Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kredit bermasalah? (3) Bagaimana penanganan kredit bermasalah?. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi catatan penting yang mendukung dalam pengolahan data mengenai manajemen kredit. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) PT. BPR Jwalita telah menjalankan manajemen kredit mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, (2) Faktor-faktor yang menyebabkan kredit bermasalah adalah disebabkan oleh kesalahan debitur yaitu kegagalan usaha debitur, masalah keluarga, dan masalah yang tidak terduga, (3) Penanganan kredit bermasalah dilakukan dengan memperhatikan i’tikad baik nasabah serta dilakukan dengan Rescheduling, Reconditioning, kebijakan kombinasi dan eksekusi jaminan.

PDF

References

Firdaus, Rachmat dan Maya A. 2017. Manajemen Perkreditan Bank Umum. Bandung: Alfabeta.

Indriantoro, N dan Bambang S. 2011. “Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen” Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Ismail. 2016. Manajemen Perbankan “Dari Teori Menuju Aplikasi”. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kusumah, Wijaya dan Dedi D. 2011. “Mengenal Penelitian Tindakan Kelas” Edisi 2. Jakarta: PT. Indeks.

Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Mulyadi, D. 2016. Analisis Manajemen Kredit Dalam Upaya Meminimalkan Kredit Bermasalah (Studi Pada PT. BPR Pantura Abadi Karawang). Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif. Diunduh 4 September 2017.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan. (Online), tersedia: http://dimasinfo71.blogspot.co.id/2016/03/undang-undang-republik-indonesia- no-10.html. Diunduh 6 Oktober 2017.

http://kabar24.bisnis.com/read/20170901/78/686145/bank-perkreditan-rakyat-jateng-npl- sentuh-736. Diunduh 10 April 2018

Pukul 21.18 WIB.