ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT

Main Article Content

Tabita Pipit
Linawati Linawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pengendalian internal dalam menunjang efektivitas pemberian kredit pada KSP Mitra Rakyat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian terdiri atas data primer dan data sekunder, yang didapatkan dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member check. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pemberian kredit pada KSP Mitra Rakyat telah menerapkan sistem pemberian kredit yang memadai. Pengendalian internal yang berlaku pada KSP Mitra Rakyat sudah dapat dikatakan memadai dan mendukung efektivitas pemberian kredit. Adapun masih ada kelemahan dalam proses pemberian kreditnya, yaitu 1) masih diutamakannya asas kekeluargaan dalam pemberian kreditnya. Kemudahan ini oleh para debitur (anggota) disalahgunakan, seperti menyepelekan tagihan kredit, sehingga para debitur tidak membayar tepat waktu, yang berakibat terjadinya kredit macet. 2) dalam proses pemberian kredit di KSP Mitra Rakyat tidak ada proposal permohonan kredit. Calon debitur (anggota) saat mengajukan permohonan kredit hanya membawa berkas-berkas persyaratan pengajuan kredit, sehingga kurangnya informasi latar belakang dari anggota. Beberapa temuan perlu diwaspadai dan perhatikan oleh KSP Mitra Rakyat, karena dapat berakibat meningkatnya kredit macet yang memperlambat aktivitas operasi.

Article Details

How to Cite
Pipit, T. ., & Linawati, L. (2018). ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT . Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 3(1), 7–13. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/554
Section
Articles

References

Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (Edisi Revisi 2014). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Marbun, A. 2006. Peranan Pengendalian Internal Dalam Menunjang Efektivitas Sistem Pemberian Kredit Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam Artha Jaya Sentosa Jakarta). Universitas Widyatama. online https://repository.widyatama.ac.id/xml ui/handle/10364/441. Diunduh pada April 2018.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat

Muzamil, M. 2015. Analisis Penerapan Sistem pengendaian Internal Penyauran Kredit Pada BRI Kota Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 3, (3): 661-674.

Papalangi, R. S. 2013. Penerapan SPI Dalam Menunjang Efektivitas Pemberian Kredit UKM Pada PT. BRI (Persero Tbk. Manado. Jurnal EMBA, 1, (3):1212-1220.

Rusdiyono. 2009. Perkembangan Pengaturan Pendirian Koperasi di Indonesia. Tesis Universitas Diponegoro Semarang. online eprints.undip.ac.id/18447/1/RUSDIIY ONO.pdf. Diunduh 20 April 2018.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia No. 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian.