ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS DALAM MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERNAL (Studi Pada PT. Armada Pagora Jaya Kediri)

Main Article Content

Ayu Agustina Sari
Sugeng Sugeng
Amin Tohari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas dalam meningkatkan pengendalian internal  pada PT. Armada Pagora Jaya Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara langsung ke objek penelitian. Hasil penelitian ini adalah di dalam PT. Armada Pagora Jaya Kediri Prosedur, Fungsi, Dokumen dalam sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas sudah sesuai dengan teori, namun fungsi gudang masih belum sesuai dengan teori yang ada. Serta unsur sistem pengendalian internal, Karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggungjawabnya  belum sesuai dengan teori. Sudah banyak penelitian yang mengkaji tentang sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas, namun masing-masing penelitian memiliki karakteristik tersendiri terkait t judul, tempat dan hasil penelitian. Baik dari segi penyebab kelemahan dan hambatan yang dilalui. Dan penili meyakini bahwa jika berbeda tempat penelitian termasuk dalam kebaruan.

Article Details

How to Cite
Sari, A. A., Sugeng, S., & Tohari, A. (2021). ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS DALAM MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERNAL (Studi Pada PT. Armada Pagora Jaya Kediri). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1218–1228. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/748
Section
Articles

References

Diana, A. dan Lilis S. 2011. Sistem Informasi Akuntansi Perancangan, Proses, dan Penerapan. Yogyakarta : Andi Offset.

Hendry, J. 2018. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dan Penerimaan Kas Dalam Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Kasus PT Putra Indo Cahaya Batam. Vol.12 No. 2 : 33 -49 P-ISSN 2252-539433.

Krismiaji 2010, Sistem Informasi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi (edisi 4). Jakarta: Salemba Empat.

Most read articles by the same author(s)