ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PADA HOME INDUSTRY AR BAKERY NGANJUK

Main Article Content

Muhammad Afrian Mujib
Puji Astuti

Abstract

Penelitian terdapat tujuan 1) Untuk mengetahui  pelaksanaan sistem akuntansi mengopensasian terhadap home industry AR Bakery 2) Untuk mengetahui sistem pengendalianninternal kompensasi yang dilaksanakan kepada home industry AR Bakery apaka telah efektif. Observasi memakai pendekatan secara deskriptif kualitatif. Alurrpengumpulan data mamakai Survey, Arsi, idan wawancara kepada  objek penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah 1) AR Bakery masih memiliki kelemahan didalam sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan sehingga akan menimbulkan kecurangan aset, penyelewengan kekuasaan maka tujuan perusahaan akan terhambat. 2) Di dalam pengendalian internal penggajian dan pengupahan belum efektif, karena unsur pengendalian internalnya masih lemah, sehingga perusahaan akan sulit untuk mencegah atau mendeteksi terjadinya kecurangan. Sudah banyak penelitian yang mengkaji tentang sistem pengendalian internal akuntansi penggajian dan pengupahan, namun masing-masing penelitian memiliki karakteristik tersendiri terkait, tempat, hasil dan metode. Dan peniliti meyakini bahwa jika berbeda tempat penelitian termasuk dalam kebaruan.

Article Details

How to Cite
Mujib, M. A., & Astuti, P. (2021). ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PADA HOME INDUSTRY AR BAKERY NGANJUK . Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 655–662. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/940
Section
Articles

References

Mulyadi. Sistem Informasi Akuntansi. 4th ed. Jakarta: Salemba Empat; 2016.

Krismiaji. Sistem Informasi Akuntansi. 3rd ed. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta; 2010.

Susanto A. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya; 2013.

Sujarweni V. Sistem Akuntansi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press; 2015.

Hirmawan CA, P. N Endang Wi Goretti Maria, Azizah FD. ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN KARYAWAN DALAM UPAYA MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERN (Studi pada PT.Wonojati Wijoyo Kediri) 2016;34 No.1:189–96.

Diana A, Setiawati L. Sistem Informasi Akuntansi. 1st ed. Yogyakarta: Andi; 2011.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>