ANALISIS PERENCANAAN LABA (MULTI PRODUK) DENGAN METODE COST-VOLUME-PROFIT PADA PERUSAHAAN PIA LATIEF KEDIRI

Authors

  • Sigit Puji Winarko Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Puji Astuti Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Perencanaan laba, Cost-volume-profit

Abstract

 

Untuk mencapai tingkat keuntungan yang maksimal, maka perencanaan laba perlu dilakukan, sehingga perusahaan dapat terarah dalam menentukan kebijakannya. Dengan adanya perencanaan, maka  perusahaan  dapat  menentukan  masing-masing produk  yang  akan  dijual.  Berbeda  dengan perusahaan yang  hanya  menjual  satu  produk,  maka  perencanaan  penjualan  tidak  terlalu  rumit dibandingkan dengan yang menjual berbagai macam produk (multi produk). Dalam penelitian ini ada tujuan yang ingin yaitu menganalisis berapa break even point, contribusi margin, margin of safety, dan berapa penjualan yang ingin dicapai supaya mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

Metode  yang  digunakan  diskripsi  kuantitatif,  yaitu  mendiskripsikan  hasil  penelitian  yang berupa angka-angka, sehingga mendapatkan gambaran yang jelas. Sedangkan subyek penelitian pada perusahaan PIA LATIEF Kediri pada periode tahun 2017 dengan obyek produk pia basah dan pia kering. Metode pemisahan biaya semivariabel menggunakan metode titik tertinggi dan titik terendah.

Perusahaan Pia Latief memproduksi dua jenis pia, yaitu pia basah dan pia kering. Hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 diperoleh break evenpoint pia basah sebesar 10.707 unit dan pia kering sebesar 6.227 unit. Contribution margin pada tahun 2017 sebesar Rp 1.873.010.837,- sedang secara rasio sebesar 55,2%. Margin of safety dari pia basah sebesar 96,21% sedangkan pia kering sebesar 96,2%. Untuk mencapai peningkatan keuntungan sebesar 5% di tahun 2018, perusahaan harus melakukan penjualan pia basah sebesar 296.072 unit dan pia kering sebesar 172.184 unit.

 

References

Mulyadi, 2010. Akuntansi Biaya. Yogyakarta : STIE YPKPN

Pangemanan. 2016. Analisis Perencanaan Laba Perusahaan Dengan Penerapan Break Even Point Pada Pt. Kharisma Sentosa Manado. Jurnal EMBA Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 376-385. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Pratama, dkk, 2016. Analisis Biaya, Volume Penjualan dan Laba Sebagai Alat Bantu Perencanaan Laba Pada Perusahaan Kecap Murni Jaya Kota Kediri

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA

Supriyono, S.U, 2011. Akuntansi Biaya Pengumpulan Biaya dan Penentuan harga Pokok Edisi 2, Yogyakarta. BPFE

Downloads

Published

2018-09-22

How to Cite

1.
ANALISIS PERENCANAAN LABA (MULTI PRODUK) DENGAN METODE COST-VOLUME-PROFIT PADA PERUSAHAAN PIA LATIEF KEDIRI . SENMEA [Internet]. 2018 Sep. 22 [cited 2025 Dec. 15];3(1):205-10. Available from: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/556

Similar Articles

1-10 of 85

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>