EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERN PEMBAYARAN GAJI PADA PT. BANK JATIM CABANG NGANJUK Tbk

Main Article Content

M. Dhucha Nuramin
Puji Astuti

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang timbul dalam sistem akuntansi penggajian karyawan PT.


Bank Jatim Cabang Nganjuk terdapat pada pembayaran gaji karyawan baru ataupun karyawan mutasi yang belom terdaftar didaftar gaji di PT. Bank Jatim Cabang Nganjuk. Selain itu juga adanya sistem pengendalian intern belom efektif karena antara kepegawaian dan bagian gaji dilakukan oleh orang yang sama.


Fokus penelitian ini adalah (1)   Apakah sistem akuntansi penggajian yang diterapkan oleh PT. Bank Jatim Cabang Nganjuk Tbk telah efektif ? (2) Apakah sistem pengendalian intern yang diterapkan oleh PT. Bank Jatim Cabang  Nganjuk Tbk  telah efektif  ?  (3)  Apakah  Sistem  akuntansi penggajian berperan dalam  kefektifan sistem pengendalian iteren pada perusahaan PT. Bank Jatim Cabang Nganjuk Tbk?


Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dengan mengunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi.


Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem akuntansi penggajian sudah efektif serta Sistem Akuntansi penggajian berperan dalam kefektifan sistem pengendalian intern. Namun sistem pengendalia intern yang di terapkan kurang efektif. Untuk itu perlu di perbaiki kembali penerapan sistem pengendalian intern. Yang perlu dilakukan perusahaan untuk membantu keefektifan sistem pengendalian intern adalah membuat job discription yang baru tentang bagian akuntansi dan bafian kepegawaian agar tugas dan tanggungjawabnya tidak di bebankan pada bagian Penyelia Umum dan MSDM, Sehingga pengendalian bisa lebih efektif dan dapat meminimalisir timbulnya resiko pengendalian intern atas penggajian.


 

Article Details

How to Cite
Nuramin, M. D. ., & Astuti, P. . (2016). EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERN PEMBAYARAN GAJI PADA PT. BANK JATIM CABANG NGANJUK Tbk . Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1). Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/565
Section
Articles

References

Anastasia, Diana dan Lilis Setiawati. 2011. Sistem Informasi Akuntansi Perancangan, Proses, dan Penerapan, Yogyakarta: CV. Andi Offset.

J.Moleong,Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Lilis, Puspitawati dan Dewi Sri Angga Dini. 2011. Sistem Informasi Akuntansi, Yogyakarta: Graha Mulya.

Mardi. 2014. Sistem Informasi Akuntansi, Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyadi. 2010. Sistem Informasi Akuntansi,Jakarta: PT. Salemba Emban Patria.

Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi, Pustaka Pelajar.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Sistem Akuntansi, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Latar Belakang PT. Bank Jatim Tbk. (Online), tersedia: http://Bankjatim.ac.id/, diunduh 26 Desember 2015.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.