ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013 – 2016

Main Article Content

Dyah Ayu Awalina
Puji Astuti

Abstract

Penelitian  ini  dilatar  belakangi  oleh  masalah  atas  HAM  atau  masalah  mengenai  kesenjangan ekonomi yang  dialami  oleh masyarakat  yang  ada  disekitar  perusahaan  sektor  pertambangan di indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa perusahaan pertambangan yang menjadi topik utama dalam pemberitaan nasional. Misalnya saja PT Freeport Indonesia di Papua yang dalam menjalankan bisnisnya mengakibatkan kerusakan dan kematian lingkungan yang nilainya tidak akan dapat tergantikan.   Oleh karena itu, pada masa sekarang ini perusahaan berskala besar dituntut untuk selalu menjalankan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) maupun menerapkan praktek tanggung jawab sosialnya baik terhadap karyawan perusahaan, stakeholder atau masyarakat sekitar perusahaan tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.  Sedangkan  data yang  digunakan  adalah data  sekunder  yang  diperoleh  melalui  situs www.idx.co.id. Penelitian ini menggunakan teknik analisis linier berganda. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Corporate Social Responsibility (CSR) secara parsial tidak berpengaruh terhadap  kinerja  keuangan  yang  diukur  menggunakan  ROE,  (b) Dewan  Komisaris secara persial berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan ROE, (c) Kepemilikan Institusional Secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang diukur menggunakan ROE dan, (d) Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (X1), Dewan (X2), dan kepemilikan Institusional (X3) secara bersama - sama (simultan) berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan Return On Equity (ROE).

Article Details

How to Cite
Awalina, D. A. . ., & Astuti, P. . (2017). ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013 – 2016. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(1), 36–43. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/566
Section
Articles

References

Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011 – 2013), Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Anwar, Sanusi. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, Irham.2011.Analisis Laporan Keuangan.Bandung:ALFABETA.cv.

Fahmi, Irham. 2010. Manajemen Kinerja;Teori Dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Hanafi, Mamduh., M & Abdul Halim.2012.Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat.Yogyakarta:Unit Penerbit Dan Percetakan – STIM YKPN.

Indriantoro,Nur & Bambang Supomo. 2009.Metodelogi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta

: BPEE Yogyakarta.

Karnianto, Eko Ardhi. 2011. Pengaruh CSR Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Kartini, Dwi. (Ed). 2013. Corporate Social Responsibility : Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung : PT Refika Aditama.

Melawati, Siti Nurlaela & Endang Masitoh Wahyuningsih. 2016. Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Perusahaan. Tersedia :https://publikasiilmiah.ums.ac.id/.../IEACO_109Melawati,%20Siti%20Nurlaela,%20Endang%20Masitoh%20Wahyuningsih.pdf diunduh 16 Oktober 2016.

Novrianti, Vesy & Riadi Armas. (2012).Pengaruh Corporate Sosial Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan.https://publikasiilmiah.ums. ac.id/bitstream/handle/11617/4717/41/P engaruh-Corporate-Social-

Responsibility-Terhadap- Profitabitabilitas-Pada-Perusahaan-Food-And-Beverages-Di-Bursa-Efek- IndonesiaWafiatun-dan-Linda-Prasasti- (34236.pdf) . diakses tanggal 16 Mei 2017.

Nugroho, Faizal Adi & Shiddiq Nur Rahardjo.2014. Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Karakteristik Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan. Tersedia : download.portalgaruda.org/article.php, diunduh pada tanggal 16 Oktober 2016

Pieris, John dan Nizam Jim Wiryawan. 2008.Etika Bisnis dan Good Corporate Governance. Edisi pertama. Jakarta : Pelangi Cendekia.

Ratih, Suklimah & Yulia Setyarini. 2014. Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variable Intervening Pada Perusahaan Pertambangan Yang Go Public Di BEI. Tersedia : e.unesa.ac.id/ojs/index.php/akrl/article/d ownload/62/62, diunduh 16 Oktober 2016.

Rudita, Bambang., Melia, Farmiola. 2013.CSR : Corporate Social Responsibility.Bandung : Rekayasa Sains.

Sari, Nur Wulan Mustika. 2012. Analisis Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007 – 2010. Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Sari, Ni Luh Kade Merta & I Gusti Ngurah Agung Suaryana. 2013. Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Kepemilikan Asing Sebagai Variabel Moderator. Tersedia : download.portalgaruda.org/article.php?a rticle=82245&val=986, diunduh 16 Oktober 2016.

Sindhudiptha, I Nyoman Swastika Yoga & Gerianta Wirawan Yasa. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility Pada Kinerja Keuangan Perusahaan Dan Implikasinya Terhadap Nilai Perusahaan. Tersedia : download.portalgaruda.org/article.php?a rticle=82260&val=986. diakses tanggal 16 Oktober 2016.

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan. Erlangga : Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta : Bandung.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian.Alfabeta : Bandung.

Suwardjono. 2005. Teori Akuntansi : Perekayasaan Pelaporan Keuangan, edisi ketiga. BPFE. : Yogyakarta.

Tohari, Amin. 2015. Bahan Ajar Praktikum SPSS 21.0 . Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Untung, Budi. 2014. CSR Dalam Dunia Bisnis.CV Andi Offset : Yogyakarta.

www.idx.co.id. Diakses pada tanggal 02 Mei 2017.

www.globalreporting.org. Diakses tanggal 13 Mei 2017.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>