PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2015-2017)

Main Article Content

Diah Nurdiwaty
Badrus Zaman
Puput Anita

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah manipulasi laporan keuangan dan korupsi yang dilakukan oleh oknum perusahaan itu sendiri. Penerapan corporate governance yang dipercaya dapat mencegah praktik manipulasi dan korupsi pada perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh corporate governance (komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial) terhadap kinerja keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 22 sampel dari 44 perusahaan go public pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014- 2017. Model analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan menggunakan software pengolah data statistik SPSS Ver. 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA), (2) komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA), (3) kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA), (4) kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA), (5) komisaris independen, komite audit, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA).

Article Details

How to Cite
Nurdiwaty, D. ., Zaman, B. ., & Anita, P. . (2019). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2015-2017) . Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 4(1), 143–153. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/3139
Section
Articles

References

Aminatus, S. 2017. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba di Industri Perbankan Indonesia. Skripsi. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbarnas.

Bank Indonesia. 2006. Peraturan Bank Indonesia Nomor 8/4/PBI/2006 Tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance Bagi Bank Umum.

Candradewi, I. 2015. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Dewan Komisaris Independen Terhadap Return On Asset. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Bali: Universitas Udayana.

Christine dan Gerianta. 2015. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba oleh CEO Baru. E-Journal Akuntansi. Vol. 10 No. 3 Hal. 778-796. Bali: Universitas Udayana.

Dewayanto, T. 2010. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance terhadap Kinerja Perbankan Nasional: Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2008. Fokus Ekonomi. Vol. 5 No. 2 Hal. 119.

Djuitaningsih, T. 2012. Pengaruh Manajemen Laba dan Mekanisme Corporate Governance terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Media Riset Akuntansi, Vol. 2 No. 2 Agustus 2012.

Effendi, A. 2016. The Power Of Good Corporate Governance. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Fahmi, I. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta.

Fitriyani. 2017. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba. E-Journal

Akuntansi. Vol. 2 No.1 Hal. 156-168. Universitas Udayana.

Forum for Corporate Governance in Indonesia. 2001. Peranan Dewan Komisaris dan Komite Audit dalam Pelaksanaan Corporate Governance. Seri Tata Kelola Perusahaan, Jilid II. Tersedia: http://www.fcgi.org.id di unduh 7 oktober 2018.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hamdani. 2016. Good Corporate Governance, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Khafid, M. 2013. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance dan Kinerja Keuangan

terhadap Pengungkapan Sustainability Report. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Laporan Tahunan. (Online), tersedia : www.idx.co.id, di unduh 8 oktober 2018.

Mulyasari, F. dkk. 2016. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Riset Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. 139-152.

Muharsyahbana, M. 2013. Pengaruh Elemen Corporate Governance Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa efek Indonesia. Skripsi. Riau: Universitas Riau.

Purnamasari, I. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance Berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI) terhadap Kinerja Keuangan Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. Hal 1- 11. 86

Rivai, V. 2013. Commercial Bank Management (Manajemen Perbankan dari Teori ke Praktik). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rosyanda, A. 2012. Analisis Penerapan Prinsip Good Governance dalam Rangka Pelayanan Publik di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu di Kota Samarinda. EJournal Ilmu Pemerintah. Vol. 1 No. 4.

Sindu, A, dkk. 2014. Pengaruh Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Review Akuntansi dan Keuangan. Vol. 4 Hal. 1. Malang: Universitas Muhammadiyah.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kualitatif, dan Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutedi, A. 2012. Good Corporate Governance. Sinar Grafika. Jakarta.

Zarkasyi, M.W. 2008. Good Corporate Governance Pada Badan Usaha Manufaktur, Perbankan dan Jasa Keuangan Lainnya. Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>