PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI. (Studi Kasus Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019)

Main Article Content

Karimah Karimah
Atwal Arifin

Abstract

Abstrak


 


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji sebuah pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan pengungkapan corporate social responsibilty sebagai variabel moderasi. Populasi yang ada didalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019. Variabel nilai perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Tobins’q. Variabel kinerja keuangan di ukur dengan menggunakan return on equity (ROE). Variabel pengungkapan corporate social responsibility dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan GRI G4 yang terdiri dari 91 item pengungkapan. Sampel dalam penelitian ini menggunkan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Metode dalam analisis penelitian ini adalah menggunakan Moderated Regression Analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukan sebuah hasil bahwa sebuah kinerja keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan pengkungkapan corporate social responsibility tidak dapat memperkuat pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan.


Kata kunci : ROE,CSR, GRI G4, MRA,TOBINS’Q

Article Details

How to Cite
Karimah, K., & Arifin, A. (2021). PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI. (Studi Kasus Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1416–1424. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/1181
Section
Articles

References

Anoraga, Pandji. 2009. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Antari, Dewa A.P.P dan Dana, I Made. 2013. Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Manajerial dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Universitas Udayana. Vol. 2. No. 3. Hlm: 274-288.

Bathala C. T., K. P. Mn dan R. P. Ra., 1994, “Managerial Ownership, Debt Policy andThe Impact of Institutinal Hlding: An Agency Perspective”, FinancialManagement, 23, pp. 38-50.

Dahli, L. Dan Siregar, V. S. 2008. “Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2014 dan 2015)”. Simposium Nasional Akuntansi X1. Pontianak.

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Laporan Keeuangan. Bandung: Alfabeta.

Harmono. 2011. Manajemen Keuangan: Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus dan Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Husnan, Suad. 2012. Manajemen Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Itsnaini, Hafidah Mufliha dan Subardjo, Anang. 2017. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.6 No.6 ISSN:2460-0585.

Mahendra, Alfredo, dkk. 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Vol. 6 No.2.

Marfuah dan Nindya, Rineko Kandera. 2017. Peran Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Konstitusional dalam Memoderasi Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XX. Jember.

Martini, P.D dan Riharjo, I.B. 2014. Pengaruh Kebijakan Utang dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan : Kebijakan Dividen sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. No. 2. Vol. 3. Hlm: 1-15. Program Studi

Akuntansi STIESIA. Surabaya

Muliani, Y dan Sinawarti. 2012. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaandengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Pemoderasi”. Jurnal. Bali:Universitas Pendidikan Ganesha.