ANALISIS KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM ARTO MAKMUR JAYA DITINJAU DARI KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN DAN CITRA INSTITUSI

Main Article Content

Noor Azura Alias Dina
Sigit Ratnanto
Hery Purnomo

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk memperoleh pengetahuan dan analisis: (1) Kualitas pelayanan koperasi terhadap kepuasan anggota yang telah menggunakan jasa Koperasi Simpan Pinjam Arto Makmur Jaya. (2) Kepercayaan terhadap kepuasan anggota yang telah menggunakan masa Koperasi Simpan Pinjam Arto Makmur Jaya. (3) citra institusi terhadap kepuasan anggota yang telah menggunakan jasa Koperasi Simpan Pinjam Arto Makmur Jaya. Pendekatan yang diambil pada riset ini adalah mempergunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian yang dipakai bersifat kausal. Pengumpulan data di dalam penelitian ini yaitu melalui penyebaran kuesioner. Populasi pada penelitian kali ini yaitu anggota dari Koperasi Simpan Pinjam Arto Makmur Jaya. Sampel berjumlah 40 orang. Teknik penentuan responden sampel di penelitian ini yaitu dengan memakai teknik purposive sampling. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan pola linier regresi berganda dengan memanfaatkan software SPP for windows version 23. Kesimpulan penelitian adalah: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikansi pada kepuasan anggota yang telah menggunakan jasa Koperasi. (2) Kepercayaan berpengaruh signifikan pada kepuasan anggota yang telah menggunakan jasa Koperasi. (3) Citra institusi berpengaruh pada kepuasan anggota yang telah menggunakan jasa Koperasi. (4) Kualitas pelayanan, kepercayaan, dan citra institusi berpengaruh simultan terhadap kepuasan anggota yang telah menggunakan jasa Koperasi ; Simpan Pinjam Arto Makmur Jaya.

Article Details

How to Cite
Noor Azura Alias Dina, Sigit Ratnanto, & Purnomo, H. (2021). ANALISIS KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM ARTO MAKMUR JAYA DITINJAU DARI KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN DAN CITRA INSTITUSI. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 416–427. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/806
Section
Articles

References

Kotler P. Manajemen Pemasaran, Jilid 2. 13th ed. Jakarta: Prenhalindo; 2014.

Tjiptono F. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. 11th ed. Yogyakarta: Andi Offset; 2019.

Tjiptono F, Chandra G. Service, Quality & satisfaction. 4th ed. Yogyakarta: Andi Offset; 2016.

Kotler P, Keller KL. Marketing Management. Pearson Education,Inc.; 2016.

Mowen JC, Minor M. Perilaku Konsumen (dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya). Jakarta: Erlangga; 2012.

Siagian H, Cahyono E. Analisis Website Quality, Trust dan Loyalty Pelanggan Online Shop. J Manaj Pemasar 2014;8:55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.55-61.

Ginting NFH. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Yrama Widya; 2011.

Supranto, Limakrisna N. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran: Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. 2nd ed. Jakarta: Mitra Wacana Media; 2011.

Syarifah AIN, Sucihatiningsih DWP. Analisis Aspek yang Mempengaruhi Tingkatan Kepuasan Anggota Terhadap Pemakaian Jasa Koperasi Simpan Pinjam (Studi Kasus pada Koperasi Purnakaryawan Listik Negara - PURLINA Semarang). EEAJ Econ Educ Anal J 2015;4:900–13.

Silaban NRU. Pengaruh Kualitas Layanan Serta Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Koperasi Simpan Pinjam Rentha Jaya Purwakarta. JAB J Adm Bisnis 2015;11:65–87. https://doi.org/https://doi.org/10.26593/jab.v11i1.1706.%25p.

Puspito A. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Koperasi Simpan Pinjam Bhina Raharja Cabang Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia : Alfabeta; 2017.

Suharyadi, S.K. P. Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. 3rd ed. Jakarta: Salemba Empat; 2016.

Hartono J. Metodologi penelitian bisnis: salah kaprah dan pengalaman-pengalaman. 6th ed. Yogyakarta: BPFE; 2016.

Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi Edisi 7. vol. 21. 7th ed. Semarang: BP Universitas Diponegoro; 2013. https://doi.org/10.2307/1579941.

Sujarweni. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, Yogyakarta.; 2014.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>