Abstract
Abstract
This research is based on the observations and experiences of researchers, that the role of Micro, Small and
Medium Enterprises (MSME) has a very important meaning for a region, especially as a driver of regional economic growth.
MSMEs are one way for regional creative products to be recognized and provide business opportunities for business actors
in the region. The formulation of the research problem is: (1) Does the product variant have a significant effect on purchasing
decisions on Kak Ros MSME Sawung Tani's Fried Onions? (2) Does price have a significant effect on purchasing decisions
on Kak Ros MSME Sawung Tani's Fried Onions? (3) Does promotion have a significant effect on purchasing decisions on
Kak Ros MSME Sawung Tani's Fried Onions? (4) Do product variants, prices and promotions have a simultaneous effect on
purchasing decisions on Kak Ros MSME Sawung Tani's Fried Onions?. This study uses a quantitative causal approach with
the research subject of the Fried Onion consumers of Kak Ros UMKM Sawung Tani. This research instrument by distributing
questionnaires to consumers who have met the criteria. The sample used was 40 respondents. The data analysis method
used was validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression analysis, coefficient of
determination, and hypothesis testing (t test and F test), with the help of SPSS windows version 26 software. Results The
research shows that: Product variants, prices, and promotions have a significant effect on purchasing decisions on Kak Ros
MSME Sawung Tani's Fried Onions. Simultaneously product variants, prices, and promotions have a significant effect on
purchasing decisions on Kak Ros MSME Sawung Tani's Fried Onions.
Keywords: Product Variants, Prices, Promotions, Purchase Decisions
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa peran Usaha Mikro Kecil
Menengah (UMKM) memiliki arti yang begitu penting bagi suatu daerah terutama sebagai pengerak pertumbuhan ekonomi
daerah. UMKM merupakan salah satu cara agar produk kreatif daerah dapat dikenal dan memberikan peluang bisnis bagi
pelaku usaha di daerah. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah varian produk berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian pada Bawang Goreng Kak Ros UMKM Sawung Tani? (2) Apakah harga berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian pada Bawang Goreng Kak Ros UMKM Sawung Tani? (3) Apakah promosi berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian pada Bawang Goreng Kak Ros UMKM Sawung Tani? (4) Apakah varian produk,
harga dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Bawang Goreng Kak Ros UMKM
Sawung Tani?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas dengan subyek penelitian konsumen Bawang
Goreng Kak Ros UMKM Sawung Tani. Instrumen penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang
telah memenuhi kriteria. Sampel yang digunakan sebanyak 40 respondan metode analisis data yang digunakan adalah uji
validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis (uji
t dan uji F), dengan bantuan software SPSS windows versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Varian produk, Harga,
dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Bawang Goreng Kak Ros UMKM Sawung Tani.
Secara simultan varian produk, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Bawang
Goreng Kak Ros UMKM Sawung Tani.
Kata Kunci: Varian Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian
References
Astuti, R. and Abdullah, I. (2017) ‘Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah’, Jurnal Ilman, 5(2), pp. 14–23. Available at: http://journals.synthesispublication.org/index.php/ilman.
Ghozali (2018) ‘Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS 25’, Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Madiun, 6(2).
Groover, M. P. (2010) Fundamental of Modern Manufacturing Materials, Process, and System. United States of America: Thomson Digital.
Kotler dan Amstrong (2019) Prinsip-prinsip Pemasaran. 12 Jilid 1. Edited by H. Maulana, Barnadi. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller (2016) Marketing Management. 15th edn. Person Education.
Putri Desi Ani, Lubis Dewi Shinta Wulandari and Winata Edi (2018) ‘PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUKSUSU DANCOW PADA IRIAN SUPERMARKETAKSARA’, Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. doi: 10.31219/osf.io/g73a2.
Santri Zulaicha, R. I. (2016) ‘PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MORNING BAKERY BATAM’, Inovbiz: Jurnal Inovasi dan Bisnis, 4(2), pp. 123–136. Available at: http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IBP/article/view/76.
Sinaga Yuliana and Harti (2016) ‘PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN VARIAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CAFÉ ITS MILK SIDOARJO’, Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 4(3). Available at: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/16340.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. 2nd edn. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono Fandy (2016) Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Ghozali Imam. (2018). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.
Tjiptono Fandy. (2012). Manajemen Jasa (4th ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono Fandy. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
Kotler dan Keller. (2014). Manajemen Pemasaran (M. dan Hardani (ed.); 13 Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia (3rd ed.). Jakarta: Salemba Empat.