Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Tactic differentation, marketing mix, dan selling yang merupakan elemen dari Architecture yang dikemukakan oleh Hermawan Kartajaya dari suatu konsep pemasaran yang disebut Sustainable Marketing Enterprise (SME). Penelitian ini dilaksanakan pada bolu kering Mak Plengeh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Validasi data yang digunakan adalah dengan menggunaan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah (1) differentation dengan meambahkan smile pada bolu keringnya, memberikan tester ke pelanggan, menggunakan mesin custom. (2) marketing mix product dengan bahan berkualitas, price lebih murah grosir daripada eceran, promotion memberikan tester langsung ke konsumen, place yang berdekatan antara pabrik dan toko untuk memudahkan distribusi dan ada juga di marketplace Shopee. Selling yang dilakukan untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan konsumen adalah dengan menambahkan fitur smile pada bolu keringnya.
References
Kartajaya, H. (2006). Hermawan Kartajaya on Marketing (cetakan IV). Gramedia Pustaka Utama.
Kartajaya, H. (2006). Hermawan Kartajaya on Selling. PT Mizan Pustaka.
Kartajaya, H. (2006b). Hermawan Kartajaya on Marketing Mix (cetakan II). PT Mizan Pustaka.
Kartajaya, H. (2007). Hermawan Kartajaya on Differentation (Cetakan IV). PT Mizan Pustaka.
Kotler, Kartajaya, D. (2005). Rethinking Marketing. PT INDEKS.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitafif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Cv.