Abstract
Abstract
The purpose of this study is to explain the variables People, Process, Physical Evidence simultaneously have a significant effect on customer satisfaction at a custom motorcycle accessories workshop in Xilam 01 Nganjuk. This study uses a causal quantitative approach with the research subjects of consumers of custom motorcycle accessories workshops in xilam 01 nganjuk. This research instrument by distributing questionnaires. The sample used was 50 respondents. The data analysis method used is multiple linear regression analysis, coefficient of determination, and hypotheses (t test and f test), with SPSS windows version 26 software. The results of this study indicate that People, Process, and Physical Evidence partially have a significant effect on consumer satisfaction. at a custom motorcycle accessories workshop at Xilam 01 Nganjuk. Simultaneously People, Process, and Physical Evidence have a significant effect on customer satisfaction at a custom motorcycle accessories workshop in Xilam 01 Nganjuk.
Keywords: People, Process, Physical Evidence, Consumer Satisfaction
Abstrak
Tujuan penelitian ini menjelaskan variabel People, Process, Physical Evidence secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada bengkel custom aksesoris motor di Xilam 01 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas dengan subyek penelitian konsumen bengkel custom aksesoris motor di xilam 01 nganjuk. Instrumen penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan hipotesis (uji t dan uji f), dengan software SPSS windows versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa People, Process, dan Physical Evidence secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di bengkel custom aksesoris motor di Xilam 01 Nganjuk. Secara Simultan People, Process, dan Physical Evidence berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di bengkel custom aksesoris motor di Xilam 01 Nganjuk.
Kata Kunci : People, Process, Physical Evidence, Kepuasan Konsumen
References
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta. dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. 2009. Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba empat
M.J. Bitner, and D.D. Gremler. 2006. Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm, Boston: McGraw-Hill Irwin
Muhammad Iffan, R. d. (2018). Pengaruh Proses Dan Bukti fisik Terhadap Kepuasan Konsumen Di hotel Shantika Bandung. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen S1 Universitas Komputer Indonesia, Bandung.
Setyaningrum, R., Utami, H., & Ruhana, I. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan Pt. Jasa Raharja Cabang Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 36(1).
Stanton, william j. (2017). fundamental of marketing. Fundamental of Marketing.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Yazit. 2005. Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: EKONISIA.
Daryanto, D. (2015). Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Jasa Pendidikan Dan Pelatihan Luar Ruang. Jurnal Ekonomika ’45, 2(2).