Abstract
Abstract
This research is motivated by the needs and desires of consumers who are always changing. In choosing a product, consumers will consider selectively the product according to their wishes. These factors make it a challenge for every craftsman to make superior products in order to win the competition which can be seen from the price, product quality and brand image. This study aims to explain that the variables of price, product quality and brand image have a significant effect on consumer purchasing decisions for AAM Kodok Ngorek Putra Bandar Kidul woven ikat consumers. This sample uses 40 respondents with purposive sampling technique. This type of research is causality by using quantitative techniques. The results showed that price, product quality and brand image simultaneously had a significant effect on purchasing decisions. This means that the increasing influence of price, product quality, and brand image will influence consumers in making purchasing decisions.
Keywords: price, product quality, brand image, purchase decision
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhan dan keinginan konsumen yang selalu mengalami perubahan. Dalam memilih sebuah produk, konsumen akan mempertimbangkan secara selektif produk yang sesuai dengan keinginan. Faktor tersebut menjadikan sebuah tantangan bagi setiap pengrajin untuk membuat produk unggulan guna memenangkan persaingan yang dapat dilihat dari harga, kualitas produk dan brand image. Penelitian ini bertujuan menjelaskan variabel harga, kualitas produk dan brand image berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen tenun ikat AAM Kodok Ngorek Putra Bandar Kidul. Sampel ini menggunakan 40 responden dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah kausalitas dengan menggunakan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Harga, Kualitas Produk dan Brand Image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hal ini dapat diartikan semakin meningkatnya pengaruh harga, kualitas produk, dan brand image akan mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.
Keywords: harga, kualitas produk, brand image, keputusan pembelian
References
Alma, B. (2018) Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Kotler, P. and Keller, K. L. (2012) Marketing Management. Edisi ke-1. Pearson Prearson Hall: Global Edision.
Priasa, D. J. (2017) Komunikasi Pemasaran Terpadu. 1st edn. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Tjiptono, F. (2011) Seri Manajemen Merek 01 - Manajemen & Strategi Merek. Yogyakarta: Penerbit ANDI.