Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1). Mendeskripsikan kompetensi pedagogik dosen mata kuliah akuntansi keuangan
berbasis IFRS 2). Mendeskripsikan kompetensi profesional dosen pada mata kuliah akuntansi keuangan
berbasis IFRS. Survey dilakukan terhadap dosen Perguruan Tinggi Swasta di Malang yang mengampu mata
kuliah Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan Menengah, dan Teori Akuntansi. Hasil survey dapat
disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dosen akuntansi keuangan rata-rata cukup baik. Persiapan dosen
dimulai dengan menyusun dan menjelaskan silabus dan rencana pembelajaran kepada mahasiswa, penyajian
materi pembelajaran sudah dikaitkan dengan realitas kehidupan, strategi pembelajaran dilakukan dengan
model kooperatif dengan mengelompokkan mahasiswa, dosen menggunakan media pembelajaran untuk
menghasilkan pesan yang menarik. Proses pembelajaran dimulai dengan memberi kesempatan berpartisipasi
aktif dan memberi kuis pada setiap selesai pembahasan materi, kemudian dilanjutkan penilaian proses belajar
yang didukung dengan dokumen protofolio. Analisis kompetensi profesional tentang akuntansi keuangan
berbasis IFRS, dari jumlah dosen yang diteliti hampir 50% sudah mengajarkan materi IFRS pada mata kuliah
yang diampu, selalu mengikuti perkembangan materi IFRS, menyesuaikan materi dengan perkembangan IFRS,
tetapi masih sebagian kecil yang melakukan penelitian berbasis IFRS dan menyusun buku ajar, dukungan dana
dari lembaga dalam mengikuti seminar atau workshop perlu ditingkatkan.
References
Amri, Sofan, 2013, Pengembangan dan
Model Pembelajaran dalam
Kurikulum 2013,Prestasi
Pustakaraya, Jakarta
Aunurrahman, 2012, Belajar dan
Pembelajaran, Alfabeta,
Bandung
Degeng, Nyoman S, 2013, Ilmu
Pembelajaran, Kalam Hidup,
Bandung.
Giri, Efraim Ferdinan, 2012, Akuntansi
Keuangan Menengah 1 Prespektif
IFRS, UPP STIM
YKPN, Yogyakarta
Huda, Miftahul. 2015. Cooperative
Learning. Pustaka Pelajar,
Yogyakarta.
Johnson, Elaine B, 2007, Contextual
Teaching and Learning,
Terjemahan, Mizan Media
Utama, Jakarta
Jogiyanto, 2009, Pembelajaran metode
kasus, Penerbit Andi,
Yogyakarta
Massudi, Nanian. dkk. 2015. Hubungan
antara Persepsi Terhadap
Kompetensi Profesional Dosen
Dengan Motivasi Belajar
Mahasiswa Program Studi
Psikologi Universitas
Brawijaya.
Munthe, Bermawany , 2009, Desain
Pembelajaran, Pustaka Insan
Madani, Yogyakarta
Prastiwi, Baroroh. 2015. Studi Evaluasi
Kepuasan Mahasiswa
Kebidanan Pada Kompetensi
Pedagogik dan Profesional Dosen. e-Journal Politek
Tegal.ac.id/php/siklus/article/vie
w file by RS Pratiwi
Surya, Raja Adi Satriawan, 2012,
Akuntansi Keuangan versi
IFRS, Graha Ilmu Jakarta
Uno, Hamzah B, Umar, Kudrat, Panjaitan,
Keysar.2014. Variabel
Penelitian Dalam Pendidikan
dan Pembelajaran. Jakarta: Ina
Publikatama
Undang-undang No 12 Tahun 2012
Tentang Pendidikan Tinggi
Widiarso, Wahyu. 2010. Validasi Model
Kompetensi Dosen Dalam
Pembelajaran Berbasis Student
Center Learning. Makalah di
Seminar Hasil Penelitian
UGM, Yogyakarta.
Yuliantini, 2013. Natajaya, Yudana,
Determinasi Kompetensi,
Komitmen Dan Dukungan
Organisasi Terhadap
Pengembangan Profesi Dosen
Di Lingkungan Yayasan
Triatma Surya Jaya Badung. EJournal Program Pasca Sarjana
Universitas Pendidikan Ganesha
Program Studi Administrasi
Pendidikan . Volume 4 tahun
Yusriadi, 2014. Pengaruh Kompetensi
Profesional Dan Iklim
Organisasi Terhadap Kinerja
Dosen Pada Universitas
Malikussaleh. Prosiding
Seminar Nasional Ekonomi.
Fakultas Ekonomi Universitas
Malikussaleh
.https://illahsailah.wordpress.com/
(sumbangan pemikiran kolektif).
Dr. Ir. Illah Sailah, MS March 8,
by illahsailah diunduh 2
Pebruari 2015