Abstract
Perkembangan dunia usaha saat ini memunculkan persaingan yang semakin
ketat sehingga membuat para pengusaha mencari strategi yang tepat untuk
mengelola kelangsungan usahanya. Banyaknya jenis media sosial saat ini seperti,
Youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter. Perusahaan pada dasarnya didirikan
dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan jalan menyediakan jasa yang
sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Keuntungan dapat diperoleh apabila
perusahaan bisa mencapai pendapatan yang lebih daripada tahun ketahun.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan promosi
menggunakan media Instagram dalam meningkatkan Pendapatan Bengkel
KKpaint. Berhubung penelitian dilakukan pada bengkel yang dalam usia masih
muda,
dengan temuan-temuan yang ada diharapkan dapat menambah pengetahuan
mengenai media sosial yang digunakan sebagai media berpromosi untuk
menawarkan jasanya.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
teknik pengumpulan data yaitu berupa wawancara dengan pengelola dan pelanggan
Bengkel KK-Paint. Teknik analisis data menggunakanreduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan
sekunder.
Kesimpulan dalam penlitian ini adalah: (1) Bengkel KK-Paint telah
memanfaatkan jejaring sosial Instagram sebagai media promosi, karena jejaring
sosial Instagram telah membantu dalam kegiatan promosi Bengkel KK-Paint
sebagai pelaku usaha bisnis dibidang jasa pengecatan dengan target pasar yang telah
mereka tentukan, karena Instagram dianggap lebih dapat diandalkan dibanding
mediasosial yang lainnya. (2) Bukan hanya Instagram tetapi juga menggunakan
media sosial seperti facebook, tetapi dalam pengertian fitur lebih banyak Instagram.
References
(IAI), I. A. I. (2015). Pernyataan Standar Akuntansi keuangan (I). Dewan Standar
Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia.
Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Manajemen pemasaran Jasa.Alfabeta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Media Kita.
Bahri, S. (2013). Hukum promosi produk dalam perspektif hukum islam. Hukum Promosi Produk, 8.
Darmawan, A. (2013). Efektivitas Promosi Ditentukan 6 M. Marketing.Co.Id. https://www.marketing.co.id/efektivitas-promosi-ditentukan-6-M
Diana, A., & Setiawati, L. (2017). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Terdahulu. Andi.
Firmansyah, M. A. (2019). - pemasaran produk dan merek (planning & strategy)
-. CV. Penerbit Qiara Media.
Ghazali, M. (2016). Buat Duit Dengan Facebook dan Instagram: Panduan
Menjana Pendapatan dengan Facebook dan Instagram. Publishing House.
Hery. (2017). Teori Akuntansi Pendekatan Konsep dan Analisis. Grasindo.
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI
KONSUMEN. Bisnis Terapan, 01, 25–32.
Indriantoro, N., & Supomo, B. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. BPFE.
Kartikahadi, H., Sinaga, R. U., Syamsul, M., & Siregar, S. V. (2012). Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS. Salemba.
Kotler, Philip. (2013). Manajemen Pemasaran. PT.Prenhallindo.
Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT. Indeks.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. CV Alfabeta.
Moleong. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.48
Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Remaja Rosda Karya.
Mulyadi. (2014). Sistem Akuntansi. salemba Empat.
Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya (5th ed.). Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Munandar, M. (2013). BUDGETING Perencanaan Kerja, Pengkoordinasian Kerja, Pengawasan Kerja (Kedua). BPFE Yogyakarta.
Muslih, B. (2021). Signifikansi harga, fasilitas dan layanan terhadap kepuasan konsumen jasa hotel. 11, 67–78.
Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Kencana.
Putri, W. K. (2019). Sebanyak Inikah Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia?
Kompas.Com. http://tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/sebanyak-inikahjumlah-pengguna-instagram-di-indonesia
Rahayu, A. S. (2018). PENGARUH BIAYA IKLAN DAN BIAYA PROMOSI
TERHADAP VOLUME PENJUALAN MOBIL AVANZA PADA PT .
HADJI KALLA CABANG ALAUDDIN DI KOTA MAKASSAR. Ekonomi,
–15.
Ritonga, M., Irawan, & Fikri, M. El. (2017). Faktor Manajemen Biaya Dan Manajemen Pemasaran Terhadap Pendapatan Melalui Intensitas Produksi Pada UKM Industri Rumahan Di Kota Binjai. Manajemeen Tools, 8(2), 68–78.
Riyanto, A. D. (2020). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 202o. Andi.Link. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digitalreport-2020/
Sodikin, & Riyanto. (2014). Akuntansi Pengantar I. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.49
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Umar, H. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Rajawali Pers.