IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KEDAI KOPI KEMBANG SORE DI PUJON MALANG

Main Article Content

M. Fajar Agel Prakoso
Ema Nurzainul Hakimah
Rino Sardanto

Abstract

Meningkatnya kebutuhan masyarakat ngopi sebagai sarana kongkow untuk berdiskusi pada sebuah komunitas, merasa ingin disanjung di lingkungan bermasyarkat pemikiran seseorang dilandasi oleh ego maupun emosi  saat memilih tempat ngopi dan kurangnya berpromosi media sosial instagram yang membuat kedai kopi belum adanya jangkauan dari pengunjung luar kota. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh “Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Kembang Sore’’ secara parsial maupun silmutan.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, deterministik, asosiatif hubungan kausal dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen di Kedai Kopi Kembang Sore dan sampel yang digunakan 40 responden. Teknik yang digunakan adalah regresi linier berganda  untuk menguji pengaruh secara parsial maupun silmutan dengan data diolah oleh SPSS v.23 for windows.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial faktor pribadi dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kecuali faktor sosial. Sedangkan secara simultan faktor sosial, faktor pribadi dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Article Details

How to Cite
Agel Prakoso, M. F., Hakimah, E. N., & Sardanto, R. (2021). IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KEDAI KOPI KEMBANG SORE DI PUJON MALANG. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1021–1027. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/774
Section
Articles

References

Abdurrahman, N. H. (2015). Manajemen strategi pemasaran. Bandung: Cv. Pustaka Setia.

Adhim, C. (2020). Analisis Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pada Butik Yulia Grace. Pendidikan Tambusai, (Online), 4(1), 239–247, tersedia: https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1, diunduh pada 4 April 2021.

Adnan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. JURNAL VISIONER & STRATEGIS, (Online) 7(2), 1–9. tersedia: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rtc=j&url=https://journal.unimal.ac.id/visi/artcle/dowload/354/261&ved=2ahUKEwiQ727xipHwAhXq4nMBHXJ0BIoQFjACegQICBAC&usg=AOvVaw3aFP68svEoiTDTda5z60IM, diuduh pada 4 April 2021.

Afifi, G. R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cirebon (Pas Mart). Pendidikan Ekonomi UM Metro, (Online), 8(1), 9–17, tersedia: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/prov8i1.2859, diunduh pada 4 April 2021.

Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. MINDS, (Online), 5(1), tersedia: https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4839, diunduh pada 4 April 2021.

Dewanto, A. C., Moniharapon, S., & Mandagie, Y. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi, Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). EMBA, (Online), 6(3), 1878–1887, tersedia: https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20705, diunduh pada 4 April 2021.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multi Variate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multi Variate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gunawan, A. C., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Bauran Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline di Kota Padang. OSF, (Online), 1, tersedia: https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/npjqh, diunduh pada 4 April 2021.

Hafidz, M. I. (2018). Pengaruh Faktor Budaya Dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Prudential Life Assurance. MANDIRI, (Online), 2(2), 245–260, tersedia: https://doi.org/https://doi.org/10.33753/mandiri.v2i2.42, diunduh pada 4 April 2021.

Han, A. (2019). Tentang Kopi Dulu dan Kini. (Online), tersedia: http://kompasiana.com/agungatv/tentang-kopi-dulu-dan-kini_5556b1a5739773eb45340568, diakses pada 4 April 2021.

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus Pilihan. Yogyakarta: Media Pressdindo.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. (B. Sabran, Ed.) (13 Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. (B. Sabran, Ed.) (13 Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Mardhiyyah, N., Sulistyawati, A. S., & Rahyuda, I. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk di Hungry Birrd Coffee Canggu. KEPARIWISATAAN DAN HOSPITALITAS, (Online), 3(2), 66–67, tersedia: https://doi.org/https://doi.org/10.24843/JKH.2019.v03.i02.p05, diunduh pada 4 April 2021.

Mazda, G. (2019). Kafe di Malang Tumbuh dan Tumbang. (Online), tersedia: https://m.kumparan.com, diakses pada 4 April 2021.

Nasehudin, T. S., & Gozali, N. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Prasetiyo, B., & Rismawati, Y. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota. Ilmiah manajemen Ekonomi dan Akuntansi, (Online), 2(2), 57–65, tersedia: https://doi.org/10.31955/jimea.vol2.iss.pp57-65, diunduh pada 4 April 2021.

Priharto, S. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Pemasaran, Pola, Jenis, dan Segmentasi. (Online), tersedia: http://aksaragama.com, diakses pada 4 April 2021.

Putra, I. R. (2016). Menjamurnya bisnis cafe di Tanah Air. (Online), tersedia: https://m.merdeka.com/uang/menjamurnya-bisnis cafe-di-tanah-air.html, diakses pada 4 April 2021.

Riyanto. (2020). Analisis Berbagai Ungkapan “Ngopi” yang Sering Kita Dengar. (Online), tersedia: https://mojok.co/terminal/analisis-berbagai-arti-ungkapan-ngopi-yang-sering-kita-dengar/, diakses pada 4 April 2021.

Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia. Sosioteknologi, (Online), 15(2), tersedia: https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2016.15.02.11, diunduh pada 4 April 2021.

Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen (Ketiga). Jakarta: Prenadamedia Grup.

Sugianto, D. (2019). Hasil Riset : Kedai Kopi di RI Bertambah 2000 Dalam 3 Tahun. Diambil 4 April 2021, dari https://finance.detik.com, diakses pada 4 April 2021.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&N. Bandung: Alfabeta.

Sujani. (2017). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Belanja Di Indomaret. Majalah Ekonomi, (Online), XXII(2), 191–205, tersedia: http://journal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/1008, diakses pada 4 April 2021.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen (Kedua). Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, D. (2014). Praktik Riset Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Utami, W. T., & Yuliawati. (2020). Faktor Sosial, Pribadi dan Psikologis yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Minuman Kopi di Kampoeng Kopi Banaran. AGRILAN, (Online), 8(2), 145, tersedia: https://ojs.unpatti.ac.id/index.php/agrilan/article/view/970, diunduh pada 4 April 2021.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>