ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS (STUDI KASUS: WARUNG BAROKAH MBAH YUL)
pdf

Keywords

Strategi Pengembangan
Business Model Canvas
9 Building Blocks

How to Cite

Astriya Adinda Anggraini, P., Damayanti, S. ., & Istiasih, H. (2024). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS (STUDI KASUS: WARUNG BAROKAH MBAH YUL). Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 9, 16–23. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/5378

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya persaingan ketat dalam bisnis, perubahan perilaku konsumen, perubahan teknologi dan kurangnya akses pasar. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model UMKM Warung Mbah Yul jika dilihat menggunakan BMC dan mengetahui strategi apa yang tepat untuk mengembangkan usahanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Objek pada penelitian ini adalah UMKM Warung Barokah Mbah Yul yagn berada di Dusun Djengkol, Desa Plosokidul, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. Sumber data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, Warung Barokah Mbah Yul dalam aspek BMC meliputi 9 building blocks yaitu customer segment, value propositions, channel, customer relationship, revenue streams, key activities, key partnership, cost structure, dan key resources telah menggambarkan kondisi usaha saat ini. Analisis Business Model Canvas membantu dalam mengenali lingkungan usaha, membangun model bisnis yang terhubung, dan mengidentifikasi kebutuhan pengembangan lebih lanjut. Studi ini memberikan wawasan yang berharga bagi UMKM Warung Barokah Mbah Yul dalam mengembangkan strategi bisnis yang berkelanjutan dan sukses

pdf

References

https://bisnis.tempo.co/read/1618468/sandiaga-ungkap-umkm-kuliner-lebih-dan-cepat-mengembangkan-usaha.

Latifah H, MS. Noorman. UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & Menengah) & BENTUK BENTUK USAHA. 2018.

Linkumkm. Strategi Efektif untuk Hadapi Persaingan Bisnis Kuliner 2023. https://linkumkm.id/news/detail/13041/strategi-efektif-untuk-hadapi-persaingan-bisnis-kuliner.

Nurmala N, Sinari T, Lilianti E, Jusmany J, Emilda E, Arifin A, et al. Usaha Kuliner Sebagai Penggerak Umkm Pada Masa Pandemi Covid 19. AKM : Aksi Kepada Masyarakat 2022;3. https://doi.org/https://doi.org/10.36908/akm.v3i1.458.

Nuzulia A. Penerapan Business Model Canvas Dalam Pengembangan Usaha Tahu Asap (Studi Kasus: Home Industri desa Tengklik Kab. Karanganyar). Angewandte Chemie International Ed 2020.

Kementerian Koperasi dan UKM RI. Menghadapi Tantangan Bisnis di Era Digital untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) 2023. https://smesta.kemenkopukm.go.id/news/menghadapi-tantangan-bisnis-di-era-digital-untuk-usaha-kecil-menengah-ukm.

Putri SY. ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS ALEN – ALEN MBAK SRIPIT MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS. 2023.

Wijayanti N, Hidayat HH. Business Model Canvas (BMC) sebagai Strategi Penguatan Kompetensi UMKM Makanan Ringan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jurnal Agroindustri Halal 2020. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jah.v6i2.2631.

Kusumo D, Afandi R. Meningkatkan Daya Saing Usaha Kuliner Kecil: Analisis Kanvas Model Bisnis UMKM Minuman Boba. Indonesian Journal of Innovation Studies 2020.

Suwarni E, Handayani M. A. Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas. Mbia n.d. https://doi.org/https://doi.org/10.33557/mbia.v19i3.1177.