PENGARUH PENJUALAN TERHADAP LABA KOTOR (Studi Kasus Pada Home Industry Kopi Karuhun)

Main Article Content

Niar Imaniar
Andri Indrawan
Risma Nurmilah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penjualan terhadap Laba Kotor. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini Penjualan dan Laba Kotor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif.


Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah laporan laba rugi bulanan  pada Home Industry Kopi Karuhun. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis.


Hasil penelitian menunjukkan : variabel bebas yaitu penjualan dan variabel terikat yaitu laba kotor. Hasil penelitian uji hipotesis parsial (uji t) sebesar 2,716 > 2,032 dan tingkat signifikan ( 0,010 < 0,05 ), maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya penjualan berpengaruh positif terhadap laba kotor secara parsial pada Home Industry Kopi Karuhun. Maka dapat disimpulkan bahwa penjualan berpengaruh terhadap laba kotor. Penjualan berpengaruh sebesar 17,8% terhadap laba kotor dan sisanya 82,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini oleh penulis.

Article Details

How to Cite
Imaniar, N. . ., Indrawan , A., & Nurmilah, R. . . (2020). PENGARUH PENJUALAN TERHADAP LABA KOTOR (Studi Kasus Pada Home Industry Kopi Karuhun). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 5(1), 583–591. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/304
Section
Articles

References

Fahmi, I. (2017). Analisa Laporan Keuangan. Alfabeta.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Gafindo Persada.

Martani, D., Siregar, S. V., Wardhani, R., Farahmita, A., & Tanujaya, E. (2017). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Salemba Empat.

Sujarweni, V. W. (2015). Sistem Akuntansi. Pustaka Baru Press.

Sujarweni, V. W. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Pustaka Baru Press.

Sunyoto, D. (2013). Analisis Laporan Keuangan untuk Bisnis (Cetakan Pe). CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Swastha, B. (2012). Manajemen Penjualan (Ketiga). BPFE - Yogyakarta.