Pengaruh Fasilitas Kantor, Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Perangkat Desa di Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri

Main Article Content

Ramadhian Aji Pratama
Dodi Kusuma Hadi Soedjoko

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu unsur yang paling vital bagi organisasi atau instansi pemerintah. Organisasi merupakan wadah untuk setiap orang memberikan aspirasinya untuk kemajuan organisasi tersebut Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh signifikan secara parsial dan simultan fasilitas kantor, motivasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja perangkat desa kecamatan plemahan kabupaten kediri. Sampel pada penelitian ini berjumlah 125 responden dengan alat bantu kuisioner dengan menggunakan Teknik non-probability sampling. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian bersifat korelasional. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan positif secara parsial fasilitas kantor dan disiplin kerja sedangkan motivasi kerja berpengaruh signifikan negatif. Serta terdapat pengaruh simultan antara fasilitas kantor, motovasi dan, disiplin kerja terhadap kinerja perangkat desa pada Kantor Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri.

Article Details

How to Cite
Pratama, R. A. ., & Soedjoko, D. K. H. (2021). Pengaruh Fasilitas Kantor, Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Perangkat Desa di Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 167–175. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/852
Section
Articles

References

Departemen Pend. Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ermiati, Cut dan Terindah Sembiring. 2013. Pengaruh Fasilitas Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Studi Kasus Ptpn II Kebun Sampali Medan. Jurnal Darma Agung, 1(1), 8-20.

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen. Yogyakarta: BPFE. . 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu. 2007. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kaswan. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Lestari, Sri. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Perangkat desa Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Depok. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Komputer, 10(1), 59-68. Dari https://jurnal.stikomcki.ac.id/index.php/cos/article/view/23.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mathis, John. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Salemba Empat.

Moenir, A S. 1987. Pendekatan Manusiawi dan Organisasi terhadap Pembinaan Keperangkat desaan. Jakarta: PT Gunung Agung.

Muhammad, Arni. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Pradipta, Teguh Ananta. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Perangkat desa Badan Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana Daerah (Bppkbd) Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal katalogis, 5(7), 27-35.

Ruru, Deiby Christa, Lotje Kawet, dan Rita Taroreh. 2017. Pengaruh Disiplin, Motivasi, Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Perangkat desa Dinas Pendapatan Kota Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2), 499 - 510 . Dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/15714.

Sinambela, Lijan Poltak. 2012. Kinerja Perangkat desa Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soejono. 2000. Sistem dan Prosedur Kerja edisi ke-5. Jakarta: Bumi Aksara.

Strauss dan Sayless. 1990. Manajemen Personalia. Buku ke-3 (Terjemahan Ny. Rochmulyati Hamzah). Jakarta: Sapdodadi.

Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner dan Analisis Data Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.

Umar, Husein. 2002. Metode Riset Komusnikasi Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Veithzal Rivai. 2005. Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: Grafindo Persada.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kenerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Windyasniar, Yuslia, Agus Priyono, dan Ema Desia Prajitiasari. 2017. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Serta Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Perangkat desa Negeri Sipil Pada Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi. Artikel Ilmiah Mahasiswa, hal 1-6. Dari http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/81633/YUSLIA%20WINDYASNIAR.pdf?sequence=1.