IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ES KRIM MIXUE DI NGANJUK
PDF

Keywords

Digital Marketing
Keputusan Pembelian

How to Cite

Margiantoro, F. N., Muslih, B., & Soedjoko, D. K. H. (2024). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ES KRIM MIXUE DI NGANJUK. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 9, 411–425. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/5418

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan digital marketing terhadap keputusan pembelian Es Krim Mixue di Nganjuk dan untuk mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat digital marketing Es Krim Mixue di Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam menentukan informan terdapat beberapa kualifikasi 5R yaitu sebagai berikut : Relevance, informan harus memiliki kaitan langsung dengan subjek dan objek penelitian, Recommendation, peneliti bisa mencari atau meminta rekomendasi dari orang terpecaya untuk menentukan informan. Rapport, adanya kedekatan antara peneliti dan informan untuk menggali informasi lebih dalam, Readiness, seorang informan harus siap untuk diwawancarai tanpa adanya paksaan, Reassurance, peneliti harus bisa memastikan bahwa informan dapat menjawab pertanyaan tanpa rekayasa. Peneliti memilih metode triangulasi sumber data dan pembandingan dengan teori akan validitas dan reliabilitas data. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan menggunakan berbagai metode, sehingga meningkatkan kepercayaan pada hasil penelitian.  Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan strategi digital marketing memberikan dampak signifikan bagi bisnis franchise es krim Mixue di Kabupaten Nganjuk.

PDF

References

Harto D, Pratiwi SR, Utomo MN, Rahmawati M. Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdi Dan Pemberdaya Masyarakat) 2019;3:39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033.

Mubarokah A, Wahyuni S, Zulianto M. Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Osingdeles). J Pendidik Ekon 2022;16:98–104. https://doi.org/10.19184/jpe.v16i1.24614.

Adinugraha HH, Maisaroh A, Hidayatullah R, Bahrurizqi M. Analisis Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Batik. J Ilmu Tek Dan Inform 2021;1:74–82. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/teknik.v1i2.67.

Wijayanti PS, Warniasih K, Yuwono AA, Herawati TR. Pemberdayaan Kelompok Pelaku Usaha Handycraft di Desa Bibis Kasihan Melalui Pelatihan Digital Marketing. J ABDINUS J Pengabdi Nusant 2023;7:719–27. https://doi.org/10.29407/ja.v7i3.20126.

Muslih B. Urgensi komunikasi dalam menumbuhkan motivasi di era pandemi covid-19. J Penelit Manaj Terap Penataran 2020;5:57–65.

Sucipto KRR, Yahya AF. Strategi komunikasi pemasaran digital subway indonesia melalui reels instagram @subway.indonesia. J Komun Prof 2022;6:68–78. https://doi.org/10.25139/jkp.v6i1.4456.

Patandianan J. Strategi Manajemen Pengelolaan Peluang Bisnis F & B Sebagai Upaya Mengatasi Permasalahan Ekonomi Keluarga dengan Pemanfaatan Teknologi Digital. J Ilm Dan Karya Mhs 2024;2:199–216. https://doi.org/https://doi.org/10.54066/jikma.v2i2.1710.

Ira Promasanti Rachmadewi, Auliya Firdaus, Qurtubi Q, Wahyudhi Sutrisno, Chancard Basumerda. Analisis Strategi Digital Marketing pada Toko Online Usaha Kecil Menengah. J INTECH Tek Ind Univ Serang Raya 2021;7:121–8. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968.

Forijati R, Sugiono S, Anas M, Muchson M, Subagyo S, Winarsih T. Pelatihan Digital Marketing Ibu Rumah Tangga Pelaku Usaha Mikro Di Kelurahan Pojok Kota Kediri. J ABDINUS J Pengabdi Nusant 2022;6:573–80. https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.17040.

Maliha DW, Sari MN, Kahar A, Septrizarty R, Asrilsyak S. Kajian Literatur : Fenomena Viral Brand dan Dampak pada Pembelian Mixue. J Educ 2023;06:7334–9. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3996.

Rosmiati DE, Yanuar IES, Ambarita AR. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Mixue Ice Cream & Tea Cilangkap. J Adm Dan Manaj 2023;13:152–6. https://doi.org/https://doi.org/10.52643/jam.v13i2.3313.