TRANSFORMASI POLA PIKIR MASYARAKAT DENGAN MENUMBUHKAN JIWA EKONOMI KREATIF SEBAGAI PENDONGKRAK UMK-M DI INDONESIA
PDF

Keywords

Transformasi, Ekonomi Kreatif, UMK-M

How to Cite

Andriani, F. ., Ambarwati, A. F. ., Chassanah, U. ., & Wati, N. I. . (2016). TRANSFORMASI POLA PIKIR MASYARAKAT DENGAN MENUMBUHKAN JIWA EKONOMI KREATIF SEBAGAI PENDONGKRAK UMK-M DI INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1). Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/45

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMK-M) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Oleh karena itu, selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan sekaligus mengatasi pengangguran. Dalam konsep pembangunan, tidak hanya terkait masalah ekonomi saja tetapi juga terarah pada pembangunan sosial dimana masyarakat mampu merubah pola pikirnya dengan menumbuhkan jiwa ekonomi kreatif sebagai pemanfaatan serta pengelolaan sumber daya alam yang tidak lepas dari konsep suistainable development. UMK-M juga memiliki kontribusi besar dalam menghadapi MEA. Penting disadari bahwa menumbuhkan jiwa ekonomi kreatif sangat diperlukan guna mendongkrak UMK-M, yaitu dengan melalui transformasi pola pikir pada masyarakat Indonesia. Sesungguhnya pembangunan yang ideal tercermin dari partisipasi oleh masyarakat itu sendiri. Melalui hal tersebut sesuatu yang diharapkan dapat terwujud dari cita-cita pembangunan nasional adalah kesejahteraan masyarakat terus meningkat

PDF

References

Cahyadi, L.D.C. (n.d.). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Tenaga Kerja Industri Kreatif di Kota Denpasar. 47-55.

Humas. (2016, Oktober 12). Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Banyuwangi Pesat. Retrieved from http://www.banyuwangikab.go.id

Mellita, D. & Erlansyah, D. (n.d.). Pemetaan Industri Kreatif Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kawasan Urban Di Kota Palembang. Economic Globalization Trend & Risk For Developing Country, 1-13.

Polnya, G.A. (2015). Strategi Pengembangan Ekonomi Lokal Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada UKM Ekonomi Kreatif Batik Bakaran Di Pati, Jawa Tengah. SKRIPSI, i-49.

Rifa’i, A. (2010). PERAN UMKM DALAM PEMBANGUNAN DAERAH: Fakta Di Provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, vol. 1, 133-143.

Satria, D. & Prameswari, A. (2011). Strategi Pengembangan Industri Kratif untuk Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Lokal. APLIKASI MANAJEMEN, 9, 301-308.

Sudaryanto, dkk. (n.d.). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. 1-32.

Tambunan, T.T.H. (2012). PELUANG, TANTANGAN DAN ANCAMAN BAGI UMKM INDONESIA DALAM ERA CAFTA DAN ME-ASEAN 2015. Prosiding Seminar & Konferensi Nasional Manajemen Bisnis, 1-14.

Wicaksono, G. &. (2012). Meningkatan Kinerja UMK-M Industri Kreatif Melalui Pengembangan Kewirausahaan dan Orientasi Pasar: Kajian Pada Peran serta Wirausaha Wanita di Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Propinsi DIY. Sosio Humaniora, 3, 27-39.