Abstract
ABSTRAK
Digitalisasi bisnis merupakan proses transformasi bisnis dari konsep konvensional menjadi virtual. Dengan menerapkan teknologi digital dalam bisnis, maka akan dapat meningkatkan daya saing dan tetap bertahan melawan gempuran teknologi. Kebijakan pergerakan kegiatan masyarakat dalam masa pandemi covid-19 berdampak langsung pada sektor ekonomi. Dalam era revolusi industri digital 4.0 pemerintah memiliki program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang berbasis digital dalam rangka stimulus ekonomi yang membatasi pandemi covid-19. berdasarkan kebijakan pemerintah dengan masyarakat sehingga berdampak pada kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tidak terpenuhi dan memicu tingkat angka penganggguran di dalam negeri semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran digitalisasi bisnis dalam meminimalisir gerakan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif data yang diperoleh yaitu data sekunder dari buku maupun jurnal. Berdasarkan penelitian, terdapat perubahan digitalisasi bisnis yang sangat signifikan pada era industri 4.0 dimanastrategi pemasaran digital lebih dijanjikan daripada konsep konvensional.
References
Battistin,Francesca,2010,Local Economic Recovery In Post-Conflict,Swiss Geneva: ILO Publication
Samuelson, Paul A. dan William D. Nordhaus. 1988. Ekonomi Edisi Keduabelas, terj. Jaka Wasana. Jakarta: Penerbit Erlangga
Idris, Amiruddin. 2016. Ekonomi Publik. Yogyakarta: DEEPUBLISH
Kleden, Ignas. 2004 Masyarakat dan Negara: Sebuah Persoalan. Magelang: Yayasan INDONESIATERA
Putong, Iskandar. 2015. Ekonomi Makro: Pengantar untuk Dasar-Dasar Ilmu Ekonomi Makro. Jakarta: Buku & Artikel Karya Iskandar Putong
Gilarso,T. 2004. Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Yogyakarta: Kanisius
Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen: Sistem Pelipatganda Kinerja Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat
Vernon, Mark. 2011. Bisnis: The Key Concepts. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada