ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CAFE NGAROPI KAMPUNG INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.29407/7avw7381Keywords:
Gaya hidup, Harga, Kualitas pelayanan , keputusan pembelian, cafeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya hidup, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Cafe Ngaropi Kampung Inggris. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei terhadap 109 responden yang dipilih secara accidental sampling. Analisis data dilakukan melalui regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa gaya hidup berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, sementara harga dan kualitas pelayanan tidak. Secara simultan, ketiga variabel berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kebaruan dalam penelitian ini adalah identifikasi gaya hidup sebagai faktor dominan dalam pengambilan keputusan konsumen pada lingkungan sosial yang berbasis pengalaman seperti Kampung Inggris. Temuan ini memberikan implikasi strategis bagi pelaku usaha kafe untuk lebih menonjolkan aspek gaya hidup dan suasana dibandingkan aspek harga dan pelayanan.
References
[1] Subagyo, Purnomo H. Manajemen UMKM. Bandung: Media Sains Indonesia; 2022.
[2] Lesmana N, Hakim I, Sanjaya A, Marsin IS, Prasetyo E, Witiyastuty H, et al. Manajemen Pemasaran. Depok: Strategy Cita Semesta; 2022.
[3] Kotler P, Armstrong G. Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi 12 J. Jakarta: Erlangga; 2016.
[4] Prastyorini J, Fauziyyah HB. Strategi Bisnis Pemasaran. 2024.
[5] Hasan S, Rahmat L, ST R, Purnomo H. Kewirausahaan. Purwokerto: Pena Persada Kerta Utama; 2023.
[6] Erislan. BUKU AJAR MANAJEMEN PEMASARAN DIGITAL. Makasar: Mitra Ilmu; 2024.
[7] Ramadhan TS, Dharma BA, Pratama AS, Rahmadi AN, Prasojo A, Yandi A, et al. Teori Manajemen Pemasaran. vol. 11. Purbalingga: Eureke Media AKsara; 2024.
[8] Simarmata HMP, Revida E, Kato I, Sari H, Simatupang S, Sudarso A, et al. Manajemen Perilaku Konsumen dan Loyalitas. 2021.
[9] Firmansyah A. PERILAKU KONSUMEN (Sikap dan Pemasaran). CV BUDI UTAMA; 2018.
[10] Indrasari M. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. vol. 11. Surabaya: Unitomo Press; 2019.
[11] Tjiptono F. Strategi pemasaran 2019.
[12] Sardanto R, Ratnanto S. Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pada Angkringan Kota Kediri. J Benefit 2016;3:31–45.
[13] Sitorus OF, Utami N. Strategi Promosi Pemasaran. Fkip Uhamka 2017:309.
[14] Paendong M, Tielung MVJ. Pengaruh Kebutuhan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Smartfren Di Galeri Smartfren Cabang Manado. J Berk Ilm Efisiensi 2016;16:387–95.
[15] Tegowati, Martoatmodjo GW, Kalbuadi A, Ismail K, Idayati F. Penetapan Harga Produk. 2024.
[16] Pahmi. Kualitas Produk Dan Harga Mempengaruhi Minat Beli Masyarakat. 2024.
[17] Bhirawa SWS, Larasati DSA, Kusuma B, Anitasari S, Putri ENC, Meilina R. Analisis Keputusan Konsumen Dalam Membeli Minyak Goreng Di Kabupaten Nganjuk 2024;9:410–20.
[18] Sari N, Fauji DAS, Sardanto R. Pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan pada cv. welong jaya. J Ekon Bisnis, Manaj Dan Akunt 2023;1.
[19] Daryanto, Setyobudi. Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta Gava Media 2019.
[20] Nafsi LD, Kurnia M, Pramesti DA. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Gaya Hidup terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan. UMMagelang Conf Ser 2024:486–98. https://doi.org/10.31603/conference.12033.
[21] Suparianto A, Widodo MW, Kusumaningtyas D. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Broden Screen Printing. Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akunt 2021;6:853–61.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yunika Amelia Widya Sari , Samari, Sigit Ratnanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
