PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA,DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BAKSO PAK NDUT KEDIRI

Authors

  • Falentina Suprihatin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hermin Istiasih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Susi Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak kualitas layanan, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian bakso Pak Ndut Kediri. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif yang menggunakan teknik penelitian yang berfokus pada membangun hubungan sebab-akibat. Berbagai metode pengumpulan data digunakan, termasuk kuesioner, pengamatan, wawancara, dan studi perpustakaan. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner offline dan online yang didistribusikan melalui Google Forms kepada responden yang merupakan konsumen yang telah membeli bakso Pak Ndut Kediri. Populasi penelitian terdiri dari konsumen yang telah membeli bakso Pak Ndut Kediri, dengan ukuran sampel sebanyak 40 responden yang ditentukan melalui Simple Random Sampling. Proses analisis data meliputi penilaian validitas dan reliabilitas, pemeriksaan asumsi klasik, implementasi analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji-t dan uji-F, dan penentuan koefisien menggunakan perangkat lunak IBM SPSS versi 23. Temuan penelitian ini berasal dari persamaan regresi seperti yang ditunjukkan. Y = 1,573 + 0,276 X1 + 0,739 X2 + 0,280X3. Nilai α adalah 1.573, studi ini menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara variabel kualitas layanan, harga, dan lokasi geografis dan perilaku pembelian konsumen. Nilai regresi untuk X1, X2, dan X3 masing-masing adalah 0,276, 0,739, dan 0,280. Akibatnya, semua variabel independen meningkat satu unit dalam kaitannya dengan keputusan pembelian. Kesimpulan penelitian menyatakan (1) Kualitas layanan secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian bakso Pak Ndut Kediri (2) Harga secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian bakso Pak Ndut Kediri (3) Lokasi tidak berdampak signifikan terhadap keputusan pembelian bakso Pak Ndut Kediri.

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Suprihatin, F. ., Istiasih, H. ., & Damayanti, S. . (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA,DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BAKSO PAK NDUT KEDIRI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 3, 1008–1016. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/4807