PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN TATA SNACK DI MARKETPLACE SHOPEE)

Authors

  • Anggita Putri Wulandari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sri Aliami Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Susi Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Electronic Word of Mouth, Online Customer Review, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh signifikan antara: (1) electronic Word of Mouth terhadap keputusan pembelian (2) Online Customer Review terhadap keputusan pembelian (3) electronic Word of Mouth dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik bersifat kausal dan pengumpulan data melalui kuesioner online dengan fitur chat Shopee atau dokumentasi online. Populasi penelitian yakni seluruh konsumen yang pernah membeli produk Tata Snack di Shopee. Sampel penelitian sejumlah 60 responden dengan teknik sample random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh signifikan antara (1) electronic Word of Mouth terhadap keputusan pembelian (2) Online Customer Review terhadap keputusan pembelian (3) electronic Word of Mouth dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tata Snack di Shopee.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Wulandari, A. P., Aliami, S., & Damayanti, S. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN TATA SNACK DI MARKETPLACE SHOPEE). Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 2, 1630–1639. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/3388