PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN E-TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI TIKTOK SHOP

Authors

  • Quinita Salamah Mauji Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Zulistiani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sigit Ratnanto Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/g4x2cf70

Keywords:

Online Customer Review, Online Customer Rating, E-Trust, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dibuatnya penelitian ini yaitu menganalisis bagaimana pengaruh online customer review, online customer rating dan e-trust terhadap keputusan pembelian melalui Tiktok Shop pada mahasiswa prodi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik yang diimplementasikan yaitu kausalitas. Teknik pengambilan sampel menerapkan purposive sampling dengan menyebarkan link kuesioner skala likert di 40 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya online customer review, online customer rating dan e-trust berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui Tiktok Shop secara parsial. Online customer review, online customer rating dan e-trust berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui Tiktok Shop pada mahasiswa prodi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri 2025 secara simultan. Dalam penelitian sebelumnya sebagian banyak yang meneliti pada marketplace besar seperti Shopee, Blibli, dan Lazada. Maka dari itu peneliti meneliti pada objek di e-commerce Tiktok Shop berbasis video yang masih terbilang baru akan tetapi popular dikalangan aanak muda khususnya mahasiswa.

References

[1] Datareportal. INTERNET USE IN 2024. Datareportal 2024.

[2] Dewi Arnanda W, Yudho Leksono P. ANALISIS PROGRAM FLASHSALE, CASHBACK PROMOTION, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERE SHOPEE 2024;3:2024.

[3] Sari FP, Kurniawan R. Pengaruh Promosi, Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Simp Manaj Dan Bisnis 2022;1:464–74.

[4] Kumala Sari WN, Istiasih H, Damayanti S. PENGARUH PROMOSI ONLINE , ULASAN PRODUK DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO MADUMONGSO BU BINTI DI 2024;2:400–9.

[5] Wibowo ZF, Sardanto R. Analisis Persepsi Promosi Dan Kualitas Pelayanan Jasa Make Up. Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akutansi 2022:1068–74.

[6] Indri Saputri S, Nurzainul Hakimah E, Sardanto R. PENGARUH FLASH SALE, CUSTOMER REVIEW, DAN GRATIS ONGKIR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri). Simp Manaj Dan Bisnis I 2022:322–8.

[7] Databoks. Jumlah Pengguna aktif Tokopedia dan Tiktok Shop di Indonesia (Februari 2024) 2024.

[8] Tsani AA, Susyanti J. Pengaruh E-Trust, Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang) 2019;12:1002–12.

[9] Fatmawati D, Mardani R, Arsyanto MT. Pengaruh Foto Produk, Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Di E-commerce Tiktok Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Unisma Angkatan 2019) 2019;12:2851–60.

[10] Sianipar F, Yoestini. ANALISIS PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI ONLINE MARKETPLACE (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia di Kota Semarang) Frederick Alvi Herzegovino Sianipar, Dr. E. Dra. Hj. Yoestini, M.Si 1 2021;10:1–10.

[11] Steven, Rakhman A. Pengaruh Online Customer Reviewdan Online Customer Rating terhadap Keputusan pembelian Pengguna Online Marketplace Tokopedia. Glob Res Econ Business, Commun Inf 2023;1:14–23.

[12] Ifah N, Djaelani AK, Millaningtyas R. Pengaruh E-service Quality, E-Trust Dan E-wom TerhadapKeputusan Pembelian Pada Onlineshop (Studi Pada Pengguna Onlineshop di Kota Malang) 2023;13:979–86.

[13] Pramesti I, Nugraha H, Widyanto. Pengaruh Persepsi Harga, E-Promotion, Dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian ONLINE (Studi Pada Pengguna Produk Kecantikan Pada Blibli.com di Kota Semarang) 2024;13:12–20.

[14] Rarung J, Lumanauw B, Mandagie Y. Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Customer Trust Terhadap Customer Purchase Decision Fcoffe & Roastery Manado. J EMBA 2022;10:891–9.

[15] Rahmayanti S, Dermawan R. Pengaruh Live Streaming, Content Marketing dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop di Surabaya 2023;6:337–44. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2451.

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

Mauji, Q. S., Zulistiani, & Ratnanto, S. . (2025). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN E-TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI TIKTOK SHOP. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 258-265. https://doi.org/10.29407/g4x2cf70

Similar Articles

1-10 of 236

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>