PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN DISCOUNT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINTIFIC PADA TIKTOK SHOP

Authors

  • Mia Dwi Prayogy Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sigit Ratnanto Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/f56det95

Keywords:

Celebrity Endorsement, Online Customer Review, Discount, Keputusan Pembelian, Skintific

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial maupun simultan Celebrity Endorsement, Online Customer Review Dan Discount Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Skintific Pada Tiktok Shop (Studi Pada Generasi Z Di Kabupaten Nganjuk). Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu generasi Z berusia 17-26 tahun yang merupakan pengguna atau pernah menggunakan produk Skintific. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 60 responden. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden, kemudian data diolah menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Celebrity endorsment, online customer review, discount secara pasrsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian skincare Skintific pada generasi Z dengan masing masing nilai signifikansi sebesar 0.008, 0.000, dan 0.000 serta nilai t hitung sebesar 2.728, -4.083, dan -4.089. Kemudian Celebrity endorsment, online customer review, discount berpengaruh simultan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 dengan F hitung sebesar 19.865. kebaruan penelitian terletak pada online customer review dan discount dimana tidak selalu berdampak positif.

References

[1] Pratiwiningsih I. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image (Studi pada Konsuen Honda Vario di CV. Sumber Makmur Abadi). Univ Negeri Semarang 2018:1–60.

[2] sirait evanthe N. Pengaruh E-trust, Online customer review dan Online customer rating Terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Tokopedia. e – J Ris Manaj 2023;12.

[3] Cahyani D. Pengaruh diskon dan promosi gratis ongkir terhadap minat beli secara online pada mahasiswa pendidikan ekonomi. Αγαη 2024;15:37–48.

[4] Maulana F, Aminah S. The Influence of Discounts and Free Delivery Cost on Purchasing Decisions for Miliki Hijab Products in E- Commerce Shopee in East Java. Indones J Bus Anal 2024;4:333–44. https://doi.org/10.55927/ijba.v4i1.7483.

[5] Ghoni MA, Soliha E. Pengaruh Brand Image, Online Customer Review dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. J Mirai Manag 2022;7:14–22.

[6] Nova, Cahya, Wahdania., Yustina C. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc melalui Brand Image pada Marketplace Shopee 2024;4:61–70.

[7] Katiandagho NJ, Syarif Hidayatullah. Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Harga, dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna TikTok Shop. Sains Manaj 2023;9:13–27. https://doi.org/10.30656/sm.v9i1.5886.

[8] Duhita Sari CR, Arifin S. THE INFLUENCE OF ONLINE CUSTOMER REVIEWS, ONLINE CUSTOMER RATINGS, AND CELEBRITY ENDORSERS ON E-COMMERCE SHOPEE PURCHASING DECISIONS (Study on Generation Z in Tahunan District). Int J Econ Bus Account Res 2024;8:1–14. https://doi.org/10.29040/ijebar.v8i1.12620.

[9] Alfitroch UA, Farida E, Rahman F. Pengaruh Iklan, Promo Gratis Ongkos Kirim, dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Belanja Online (Studi Kasus pada Warga RT 8 Kelurahan Karangbesuki Kota Malang). e-Jurnal Ilm Ris Manaj 2022;11:71–8.

[10] Studi P, Feb M, Kediri UNP. PENGARUH SHOPEE LIVE , GRATIS ONGKIR DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA MANAJEMEN UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ) 2024;3:970–7.

[11] Salamah Mauji B, Melina R. Pengaruh Online Customer Review Dan E-Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee 2022:1–8.

[12] Claryca Rosy Artika, Subagyo MWW. PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINCARE LOKAL SOMETHINC 2024;Vol. 3:2962–2050.

[13] Studi P, Feb M, Kediri UNP, Yunita SE, Puspasari ID, Paramitha DA, et al. PENGARUH HARGA , KUALITAS PRODUK , CELEBRITY ENDORSER TERHADAP 2024;3:308–18.

[14] Putri CAP, Subagyo, Widodo W. Pengaruh live streaming, online customer review dan cashback promotion terhadap minat beli produk pada fitur TikTok shop. Simp Manaj dan Bisnis 2023;2:189–98.

[15] Anwar MS. Pengaruh Diskon Harga, Endorsement, dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian di Tiktok Shop (Studi Kasus: Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Angkatan 2015-2021). 2022.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Prayogy, M. D., & Ratnanto, S. (2025). PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN DISCOUNT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINTIFIC PADA TIKTOK SHOP. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1062-1069. https://doi.org/10.29407/f56det95

Similar Articles

1-10 of 236

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>