ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO BERBASIS EKONOMI KREATIF PADA PENGRAJIN ECOPRINT DI WERUNGOTOK

Authors

  • Alma Wahyu Prastiwi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sigit Ratnanto Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Strategi Pengembangan, Usaha Berbasis Ekonomi Kreatif, Analisis SWOT

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi apa yang sudah digunakan usaha ini serta memberikan strategi alternatif yang sesuai posisi dan situasi usaha saat ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan model analisis SWOT. Model ini dipergunakan sebagai penentu posisi usaha dan alternatif strategi pengembangan usaha di Omah Craft Kautsar. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi produk. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa strategi produk berdasarkan diagram SWOT berada pada kuadran I yang berarti memiliki kekuatan dan peluang besar. Alternatif strategi produk sesuai matrik SWOT yaitu strategi SO (strenght-opportunitiy) dengan cara memaksimalkan penggunaan produk yang berbahan dasar alami karena itu merupakan tren saat ini sampai kapanpun dan memaksimalkan penggunan merek dagang untuk menarik orang yang suka gaya hidup ramah lingkungan untuk membeli produk ini.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Prastiwi, A. W., & Ratnanto, S. (2023). ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO BERBASIS EKONOMI KREATIF PADA PENGRAJIN ECOPRINT DI WERUNGOTOK. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 2, 563–572. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/3224