RENCANA PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN BERBASIS ANALISIS SWOT DI LINGKUP YAYASAN AL FALAHUL UMMAH
Keywords:
Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriks SWOTAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami analisis SWOT sebagai cara untuk mengembangkan strategi pemasaran dalam kerangka Yayasan Al Falahul Ummah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data datang dalam bentuk analisis SWOT, matriks SWOT, kombinasi matriks SWOT, dan matriks internal-eksternal. Hasil survei menunjukkan bahwa Yayasan Al Falahul Ummah mendapat nilai positif dalam analisis lingkungan internal dan eksternal. Dengan demikian, MI Al Ikhlas, RA Kusuma Mulia Rohmah, dan PAUD Khodijah berada pada kuadran pertama, yang diartikan sebagai kondisi berkembang, mengutamakan strategi pengembangan kekuatan dan memanfaatkan peluang, serta memperoleh posisi yang cukup baik untuk menahan tekanan yang ditimbulkan oleh lingkungan internal dan eksternal. Berdasarkan penelitian, dapat dikatakan bahwa Yayasan Al Falahul Ummat memiliki keunggulan yaitu mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya.