ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK STUDI PADA UMKM RININGS NGANJUK
Keywords:
Pemasaran, Bauran Pemasaran 4P, Penjualan ProdukAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk Rinings di Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan paradigma interpretif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan 5 kriteria yang diantaranya yaitu relevance, recommendation, rapport, readiness, dan reassurance (5R). Hasil penelitian ini dengan bauran pemasaran 4p (product, price, place, dan promotion) dalam meningkatkan penjualan: (1) Produk dengan menjaga hubungan baik dengan para supplier, memilih bahan baku yang premium, menjaga konsistensi rasa. (2) Harga, harganya tidak berubah dalam mengalami kenaikan harga bahan baku hanya saja mengurangi beratnya atau netto, dan juga sudah mematok harga jual dengan harga Rp 20.000 tanpa membedakan antara pembeli dan resellernya. (3) Distribusi/tempat memiliki distribusi secara langsung dan tidak langsung. (4) Promosi memanfaatkan media sosial sebagai alat memasarkan produk.