ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN SWOT DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DIERA MODERNISASI PADA PRODUK JENANG KAWAH

Authors

  • Silka Maharani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Muhammad Zuhdi Sasongko Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/v7r9zg52

Keywords:

Strategi pemasaran , UMKM, SWOT

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi pemasaran UMKM makanan tradisional “Jenang Kawah Bu Umi” dalam menghadapi tantangan modernisasi. Metode yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif dengan pemilihan informan melalui pendekatan 5R (Relevance, Representative, Reliable, Realistic, Robust), serta uji validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil menunjukkan bahwa strategi pemasaran masih tradisional seperti promosi dari mulut ke mulut dan partisipasi bazar, namun belum optimal dalam pemanfaatan media digital. Analisis IFAS dan EFAS menunjukkan kekuatan pada kualitas produk dan loyalitas pelanggan (skor 3,20 dan 3,55), sementara kelemahan terletak pada kapasitas produksi serta minimnya promosi digital (skor 2,50 dan 2,30). Posisi SWOT berada di Kuadran I yang merekomendasikan strategi agresif. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi pendekatan SWOT dengan metode 5R dalam konteks UMKM tradisional di era digital. Rekomendasi mencakup integrasi digital marketing, peningkatan kapasitas produksi, dan pelibatan generasi muda dalam manajemen usaha.

References

[1] Tohari A, Ramadhani RA, Muslih B, Kurniawan A. Structural Equation Modeling: Taxpayer Compliance of Msmes in Kediri City. Rev Gest Soc e Ambient 2024;18:1–17. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n7-078.

[2] Azuhri MBUD, Ernestivita. G, Sasongko MZ. Strategi Pemasaran Pada Umkm Batu Bata Di Kaloran Kecamatan Ngronggot. Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akuntasi 2023;8:716–24.

[3] Prima Y, Daryana AP. Model Manajemen Inovasi Produk Kuliner Tradisional di Era Digital: Studi Kasus pada UMKM di Sumatera Utara 2025;3:268–79. https://doi.org/https://doi.org/10.60145/jcp.v3i3.372.

[4] Lady, Lady, Sentoso A, Fidia, Macnico P, Kamilatunnaimah M, William. Pengembangan UMKM Snack Nuruto dalam Social Media dan Digital Marketing. Ilmu Ekon Manaj Dan Akunt 2023;4:115–32. https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1566.

[5] Vincent, Bipianto I, Wasiman. Penerapan Analisis SWOT pada Keboon Kopi Cafe & Resto. Pros Semin Nas Ilmu Sos Dan Teknol 2023;5:91–8. https://doi.org/10.33884/psnistek.v5i.8068.

[6] Risal M, Ramli, Suharlina. Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Analisis SWOT dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Toko Terang Abadi di Kecamatan Papalang. J Ilmu Ekon 2025;8:889–97. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1506.

[7] Haninda RN, Mahsun A, Saputro DR. Analisis Strategi Pemasaran Mobil Merk Daihatsu Sigra pada PT. Armada International Motor Surabaya. Yos Soedarso Econ … 2021;3:49–60.

[8] Sari N, Syari RL, Pandi A. Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk UMKM Di Era Digital. J Ilmu Pendidik Dan Sos 2025;4:21–9. https://doi.org/10.58540/jipsi.v4i1.787.

[9] Melandi IK, Budiman A, Yusuf I. Analisis Strategi Pemasaran Digital Pada Travelxism Menggunakan Digital Marketing Canvas. J Ilm Manajemen, Ekon Akunt 2023;7:1107–22. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3138.

[10] Rahmadani HE, Ernestivita G, Sasongko MZ. Strategi Pemasaran Qomeshop Balowerti Kota Kediri Untuk Meningkatkan Loyalitas Pembelian Di Masa Pandemi. Semin Nas … 2022:92–7.

[11] Aliami S, Muslih B, Zulistiani, Sardanto R. Analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning pada Batik Tulis Ningrat Prasojo. J Penelit Manaj Terap Penataran 2022;7:1–23.

[12] Pradita Putri B, Iqbal Fasa M, Suharto. Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Pada Pengembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. J Apl Bisnis 2022;19:209–20. https://doi.org/10.20885/jabis.vol19.iss2.art2.

[13] Sutrisno W, Qurrota Ain K, Abdul Aziz Baraba S, Fadla F, Safira Rosada R, Aminullah M. Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Analisis SWOT untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Ayam Petelur. J Approriate Technol Community Serv 2023;4:35–42. https://doi.org/10.20885/jattec.vol4.iss1.art5.

[14] Priyo Nugroho A, Rahman A. Digitalisasi dan Keberlangsungan UMKM Kuliner Halal Selama Pandemi Covid-19. J Ilm Ekon Islam 2022;8:1654–60. https://doi.org/https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.4470.

[15] Tohari A, Kurniawan A, Muslih B, Widodo ASF, Saputra LB. Utilization of Tax Incentives, Tax Services and Existence of Tax Sanctions on Tax Compliance in Submitting SPT and Micro Business Sustainability at Kediri City during COVID-19 Pandemic. Sustain 2019;11:1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.52403/ijrr.20211158.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Maharani, S. ., & Sasongko, M. Z. . (2025). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN SWOT DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DIERA MODERNISASI PADA PRODUK JENANG KAWAH. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1336-1343. https://doi.org/10.29407/v7r9zg52

Similar Articles

1-10 of 194

You may also start an advanced similarity search for this article.