STRATEGI PEMASARAN TOKO MBS SPORT DALAM MENJAGA PERSAINGAN BISNIS SEJENIS

Authors

  • Virta Ariyanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Edy Djoko Soeprajitno Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Moch. Wahyu Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran dan analisis SWOT strategi pemasaran toko MBS Sport dalam menjaga persaingan bisnis sejenis. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data induktif yaitu proses menganalisa yang berangkat dari fakta-fakta khusus kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum. Hasil pelaksanaan strategi pemasaran yang diterapkan toko MBS Sport dalam menjaga persaingan bisnis sejenis dengan strategi produk, strategi harga, strategi tempat, strategi promosi, strategi sumber daya manusia, strategi proses, strategi bukti fisik yang sudah efektif dan efien. Sedangkan hasil kekuatan dari toko MBS Sport meliputi lokasi yang strategis, bisa refund, produk baru, antar barang, jasa jersey printing,  harga  murah,  dan  kualitas  produk  bagus. Kelemahannya modal terbatas, kekurangan tenaga, lahan parkir sempit, transaksi tunai, dan ruangan kurang luas. Peluangnya lokasi tengah kota, perkembangan cabang olahraga, dan kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga. Dan ancaman adalah adanya pesaing baru yang agresif, online shop, dan pesaing lama yang semakin berkembang.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Ariyanti, V., Soeprajitno, E. D., & Widodo, M. W. . (2023). STRATEGI PEMASARAN TOKO MBS SPORT DALAM MENJAGA PERSAINGAN BISNIS SEJENIS. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 2, 1069–1081. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/3299