STRATEGI PEMASARAN PRODUK TENUN MEDALI MAS KEDIRI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM MELALUI METODE GROUNDED THEORY

Authors

  • Arinta Ambar Wati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Syarla Nur Aliza Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Prayoga Ardiantara Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Khofifah Binar Octafiani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Arthur Daniel Limantara Sekolah Tinggi Teknologi Cahaya Surya

Keywords:

Strategi Pemasaran, Tenun Medali Mas Kediri, UMKM, Daya Saing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh kualitas produk tenun medali mas kediri terhadap keputusan pembelian konsumen dan untuk mengetahui strategi pemasaran pada tenun medali mas kediri dalam meningkatkan daya saing UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Grounded Theory. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan pencatatan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Analisis data bertujuan untuk mengidentifikasi pola, tema, dan kategori yang muncul dari pengalaman konsumen. Hasil penelitian menyoroti beberapa strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan daya saing UMKM, termasuk pemanfaatan media sosial, kerjasama dengan komunitas lokal, dan diferensiasi produk. Penemuan ini dapat menjadi panduan bagi pemilik UMKM dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar yang kompetitif.

Downloads

Published

2024-08-25

How to Cite

Wati, A. A., Aliza, S. N., Ardiantara, P., Octafiani, K. B., & Limantara, A. D. (2024). STRATEGI PEMASARAN PRODUK TENUN MEDALI MAS KEDIRI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM MELALUI METODE GROUNDED THEORY. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 3, 1334–1339. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/4752