ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA HARA CHICKEN DENGAN METODE SWOT

Authors

  • Fadhilah Aditya Akbar Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wa Ode Nurlita Zubair Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Feri Aliansyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Arthur Daniel Limantara Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/jmy9rw45

Keywords:

Strategi Pemasaran, Daya Saing, SWOT, Media Sosial, Hara Chicken

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing Hara Chicken menggunakan metode SWOT. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan matriks IFAS, EFAS, dan QSPM untuk mengidentifikasi posisi strategis serta merumuskan rekomendasi. Hasil penelitian menunjukkan Hara Chicken berada pada Kuadran I (Strategi Agresif), mengindikasikan kekuatan internal yang solid di tengah peluang eksternal yang besar. Rekomendasi strategi prioritas adalah penguatan promosi digital melalui media sosial yang lebih interaktif, konten kreatif, dan pemanfaatan influencer lokal, mengingat rendahnya engagement media sosial Hara Chicken saat ini. Diharapkan strategi ini mampu meningkatkan visibilitas, penjualan, dan daya saing Hara Chicken di pasar kuliner Kediri.

References

[1] Hanapi MA, Yulianto H. ANALISIS SWOT PENGELOLAAN COFFEE SHOP TERHADAP DAYA SWOT ANALYSIS OF COFFEE SHOP MANAGEMENT ON SMES COMPETITIVENESS. JICN J Intelek Dan Cendikiawan Nusant 2025;1:10389–96.

[2] Putri TC, Industri FR, Telkom U, Wulandari S, Industri FR, Telkom U, et al. Perancangan Strategi Digital Marketing Pada Batik Kenarie Sukabumi Dengan Menggunakan Metode SOSTAC. ISSN 2355-9365 e-Proceeding Eng 2025;12:2980–9.

[3] Ratnasari N, Setiawan A, Septarina AA, Hudi A, Rizal M, Zamzami A, et al. Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Promosi Desa Wisata. Transform J Pengabdi PADA Masy 2024;4:434–44.

[4] Saifulloh M, Putri CE, Hamzah E. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi Optimalisasi Penggunaan SMO pada Ekonomi Digital Kalangan Entrepreneur Mahasiswa di Jakarta Optimizing the Use of SMO in the Digital Economy among Student Entrepreneurs in Jakarta. J Communio J Jur Ilmu Komun 2025;14:46–58.

[5] Dita P, Safitri S, Noviyanti I. Analisis SWOT Menjadi Sebuah Alat Strategis Untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi: Studi UMKM Rumah Makan Pondok Rumbio. J Ekon Dan Manaj 2024;3:01–10.

[6] Djuwendah E, Karyani T, Rasmikayati E, Hasbiansyah O, Rahmah U. Optimalisasi Promosi Wana Wisata Kampoeng Ciherang melalui Pemanfaatan Platform Media Sosial dan Spanduk Informasi. J-DINAMIKA 2025;10:181–7.

[7] Effendi MR, Hariani D, Mulyana AT. Literacy on Optimizing Digital Marketing through Social Media for Students at Al-Muhtadin Vocational School Depok Program Studi Sistem Informasi , Fakultas Komputer , Universitas Mohammad Husni Program Studi Manajemen , Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Unive. J Pemberdaya Komunitas MH Thamrin 2025;7:15–23.

[8] Makuta I, Latif A, Dinul M. Analisis Daya Saing Komoditi Jagung di Gorontalo: Tinjauan Literatur terhadap Pasar dan Diversifikasi Produk Ismail Makuta 1 , Abdul Latif 2 , Maharajab Dinul 3. J Sci Mandalika 2025;6:1025–34.

[9] Putri D, Salma A, Ameliana F, Hidayah MT, Putra RB. Strategi Marketing Mix Dan Analisis SWOT pada UMKM D’besto Pasar Baru Kota Padang. J Pengabdi Masy Bangsa 2024;2:1749–56. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i5.1103.

[10] Angella Yunita Azarah, Marshanda Sephira Harpy, Rahmasari Dwi Agustina. Peran Modal Sosial Terhadap Kesejahteraan Pelaku Usaha Laundry Rumahan di Kabupaten Jember. WISSEN J Ilmu Sos Dan Hum 2024;2:01–12. https://doi.org/10.62383/wissen.v2i3.157.

[11] Sabilla R, Ulyah N, Rizkiani I, Bastomi M. Penguatan Daya Saing UMKM Menggunakan Analisis SWOT ( Studi Kasus : Kampung Keramik Dinoyo Kota Malang ). J Econ Econ Educ 2024;1:83–91.

[12] For S, Msmes D, Super IN, Tourism P, Of D, Bajo L, et al. STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DESTINASI PARIWISATA SUPER PRIORITAS LABUAN BAJO DALAM MENINGKATKAN STRATEGY FOR DEVELOPING MSMES IN SUPER PRIORITY TOURISM. Sibatik J 2025;4:391–404.

[13] Priono Arianto RA. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Toko Buku Jaya. Manaj Bisnis Dan Ekon 2017;5:105–16.

[14] Rafiky I, Novarika W, Sibuea SR. Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode SWOT ( Strengths Weaknesses Opportunity Threats ) untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada UMKM Tahu Desa Tanah Rendah Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. Blend Sins 2025;2.

[15] Jatmiko B, Ardhi KF, Abidin MZ, Laras T, Sukardi, Susanti, et al. PENDAMPINGAN STRATEGI PEMASARAN BATIK SEKARNITI DENGAN SWOT ANALIS UNTUK MENUNJANG DAYA SAING WISATA KULONPROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. J Pengabdi Kpd Masy 2025;4:2483–96.

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Akbar, F. A., Zubair, W. O. N., Aliansyah, F., & Limantara, A. D. (2025). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PADA HARA CHICKEN DENGAN METODE SWOT. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1672-1678. https://doi.org/10.29407/jmy9rw45

Similar Articles

1-10 of 250

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>