STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING (STUDI PADA GANECA ALUMINIUM NGANJUK)

Authors

  • Agus Hariono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Gesty Ernestivita Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Strategi Bauran Pemasaran, Daya Saing, Volume Penjualan

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran Usaha Ganeca Aluminium Nganjuk dalam upaya meningkatkan daya saing dan untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi bauran pemasaran Usaha Ganeca Aluminium Nganjuk dalam upaya meningkatkan daya saing. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang digunakan Usaha Ganeca Aluminium Nganjuk menggunakan 4P (price,place,product, and promotion). Harga (price) yang ditawarkan terjangkau bagi masyarakat dengan kualitas produk yang bagus. Tempat atau lokasi (place) yang digunakan sudah berada di daerah yang sangat strategis. Produk (product) di Ganeca Aluminium Nganjuk berupa etalase memiliki kualitas yang bagus. Ganeca Aluminium Nganjuk memproduksi produknya secara langsung. Promosi (promotion) yang dilakukan cukup tepat dengan menyebar brosur, promosi langsung, dan melalui media sosial. Strategi tersebut sudah berhasil meningkatkan jumlah penjualan dan pendapatan toko. Ganeca Aluminium Nganjuk juga mampu mempertahankan kualitas produknya dan mampu berdaya saing tanpa mengurangi keuntungan.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Hariono, A., & Ernestivita, G. (2023). STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING (STUDI PADA GANECA ALUMINIUM NGANJUK). Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 2, 1575–1584. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/3380