IMPLEMENTASI METODE LEAN CANVAS SEBAGAI MARKETING STRATEGY PADA AGROWISATA ONOKABE DESA JEKEK KABUPATEN NGANJUK
Keywords:
Lean Canvas, Business Model Canvas, Marketing Strategy, Ekonomi, AgrowisataAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran pada Agrowisata Onokabe melalui metode Lean Canvas. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Untuk mendeskripsikan pola Lean Canvas sebagai marketing strategy, dilakukan dengan teknik observasi secara langsung terhadap objek yang akan diteliti. Diawali dengan mengumpulkan data dari pengunjung yang datang ke agrowisata. Pengunjung Agrowisata Onokabe mulai dari ibu rumah tangga, pelajar, komunitas, lembaga pendidikan seperti Paud dan TK. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil pembahasan diketahui bahwa menerapkan strategi menggunakan pola Lean Canvas dapat membantu pengelola Agrowisata Onokabe yakni BUMDES untuk menarik banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung maka dapat menjaga eksistensi dari Agrowisata Onokabe.