ANALISIS STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA ZONA SPORT KEDIRI
Keywords:
Pemasaran Media Sosial, Volume PenjualanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa penerapan strategi social media marketing pada Zona Sport Kediri guna meningkatkan volume penjualan serta dampak dari penerapan strategi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data primer berupa hasil wawancara dengan pemilik usaha, karyawan, dan konsumen. Sumber data sekunder berupa data ataupun literatur yang berhubungan dengan fokus penelitian. Metode pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi social media marketing pada Zona Sport Kediri dapat meningkatkan volume penjualan produknya dengan melakukan promosi berupa update flyer promo, testimoni pelanggan dan iklan di instagram, facebook, dan tiktok. Dampak positifnya adalah jaringan pemasaran cepat meluas. Sedangkan dampak negatifnya adalah sulitnya mendapat kepercayaan masyarakat dikarenakan tidak melihat produk secara langsung dan beberapa jasa pengiriman yang sulit menjangkau daerah tujuan pemesan.