STRATEGI PROMOSI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN JENAKA CAFE DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN SOCIAL MEDIA OPTIMIZAITON (SMO)

Authors

  • Dedi Riyadi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Az-Zuhry Dwi Putranto Ar-Ramadhani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Farrel Adhyatma Fawas Sowondo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Arthur Daniel Limantara Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/5zq41747

Keywords:

UMKM, Media, SMO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya efektivitas promosi media sosial Jenaka Cafe yang ditandai dengan pertumbuhan pengikut stagnan sebesar 4% dan tingkat keterlibatan hanya 0,8%. Tujuan utamanya adalah merumuskan strategi promosi yang efektif dengan menggunakan pendekatan Social Media Optimization (SMO) untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian terapan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan analisis dokumentasi data penjualan serta analitik media sosial. Hasil analisis menemukan akar permasalahan pada konten yang monoton, komunikasi satu arah, strategi jangkauan yang tidak optimal, dan alur konversi yang tidak jelas. Hal ini menyebabkan disparitas signifikan antara alokasi anggaran pemasaran sebesar 15% dengan kontribusi penjualan yang hanya 5%. Sebagai solusi, penelitian ini merekomendasikan strategi SMO yang komprehensif berbasis tiga pilar utama. Rekomendasi tersebut mencakup pengembangan pilar konten untuk interaksi, optimalisasi jangkauan melalui tagar dan kolaborasi influencer, serta penciptaan alur konversi yang jelas melalui promo eksklusif. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan, pertumbuhan pengikut, dan kontribusi penjualan secara signifikan, sehingga menjadikan investasi digital lebih efektif dan efisien.

References

[1] Syahputra H, Rahmawati S. Pengenalan Teknologi Digital untuk Media Promosi. Maj Ilm UPI YPTK 2021;28:60–6. https://doi.org/10.35134/jmi.v28i2.87.

[2] Ratnasari N, Setiawan A, Septarina AA, Hudi A, Rizal M, Zamzami A, et al. Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Promosi Desa Wisata. Transform J Pengabdi PADA Masy 2024;4:434–44.

[3] Djuwendah E, Karyani T, Rasmikayati E, Hasbiansyah O, Rahmah U. Optimalisasi Promosi Wana Wisata Kampoeng Ciherang melalui Pemanfaatan Platform Media Sosial dan Spanduk Informasi. j-DINAMIKA 2025;10:181–7.

[4] Angella Yunita Azarah, Marshanda Sephira Harpy, Rahmasari Dwi Agustina. Peran Modal Sosial Terhadap Kesejahteraan Pelaku Usaha Laundry Rumahan di Kabupaten Jember. WISSEN J Ilmu Sos dan Hum 2024;2:01–12. https://doi.org/10.62383/wissen.v2i3.157.

[5] Saifulloh M, Putri CE, Hamzah E. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi Optimalisasi Penggunaan SMO pada Ekonomi Digital Kalangan Entrepreneur Mahasiswa di Jakarta Optimizing the Use of SMO in the Digital Economy among Student Entrepreneurs in Jakarta. J Communio J Jur Ilmu Komun 2025;14:46–58.

[6] Dita P, Safitri S, Noviyanti I. Analisis SWOT Menjadi Sebuah Alat Strategis Untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi: Studi UMKM Rumah Makan Pondok Rumbio. J Ekon dan Manaj 2024;3:01–10.

[7] Putri TC, Industri FR, Telkom U, Wulandari S, Industri FR, Telkom U, et al. Perancangan Strategi Digital Marketing Pada Batik Kenarie Sukabumi Dengan Menggunakan Metode SOSTAC. ISSN 2355-9365 e-Proceeding Eng 2025;12:2980–9.

[8] Utomo NA, Rezeky R, Lumban M, Hamzah RE. SOCIAL MEDIA OPTIMIZATION PADA INSTAGRAM @ PEMKABBEKASI DALAM MENINGKATKAN PUBLIC ENGAGEMENT. kUMINIKATA 2025;6:121–32.

[9] Effendi MR, Hariani D, Mulyana AT. Literacy on Optimizing Digital Marketing through Social Media for Students at Al-Muhtadin Vocational School Depok Program Studi Sistem Informasi , Fakultas Komputer , Universitas Mohammad Husni Program Studi Manajemen , Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Unive. J Pemberdaya Komunitas MH Thamrin 2025;7:15–23.

[10] Sahila WF, Nurhadi. Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Brand Awareness Melalui Peran Content Creator Di Pt Otak Kanan. J Pengabdi Kpd Masy 2024;4:45–8.

[11] Zukifar R. Metodologi Penelitian Kuantitatif. vol. 7. Kediri: Widina; 2020.

[12] Sulaiman, Mania S. Pengantar Metodolog Penelitian EDS REVISI. vol. 11. Jkarta: D publsiher; 2019.

[13] Sani A, Herdi Budiman, Agusrawati, Ruslan D. Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UHO Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UHO. jurnla matemaitrka dan statiska 2024;4:704–9.

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Riyadi, D., Ar-Ramadhani, A.-Z. D. P., Sowondo, F. A. F., & Limantara, A. D. (2025). STRATEGI PROMOSI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN JENAKA CAFE DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN SOCIAL MEDIA OPTIMIZAITON (SMO). Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1722-1728. https://doi.org/10.29407/5zq41747

Similar Articles

1-10 of 114

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>