PENGARUH INOVASI PRODUK, MEDIA SOSIAL, DAN HARGA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN GRIYA DHAHAR DURIAN SLUMBUNG PAK MULYONO

Authors

  • Putri Ayu Sukma Melati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dian Kusumaningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Susi Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/rnvahm47

Keywords:

Inovasi Produk, Media Sosial, Harga, Peningkatan Penjualan, UMKM

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis bagaimana pengaruh inovasi produk, media sosial, dan harga terhadap peningkatan penjualan pada Griya Dhahar Durian Slumbung, sebuah UMKM yang mengolah produk berbasis durian khas Kabupaten Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Griya Dhahar Durian Slumbung, dengan jumlah yang tidak diketahui secara pasti. Sampel diambil sebanyak 40 responden menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linier berganda menggunakan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  inovasi produk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan, media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan serta menjadi variabel paling dominan dalam meningkatkan penjualan, harga memiliki pengaruh signifikan namun dengan arah negatif terhadap peningkatan penjualan, dan secara simultan, inovasi produk, media sosial, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan di Griya Dhahar Durian Slumbung. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada fokus kajian terhadap UMKM berbasis produk musiman, yakni durian, yang menekankan strategi inovasi dan digitalisasi pemasaran untuk menjaga keberlanjutan penjualan sepanjang tahun. Penelitian ini juga memberikan kontribusi praktis bagi pelaku UMKM dalam menyusun strategi harga yang adaptif agar tetap kompetitif di tengah fluktuasi pasar.

References

[1] Budiman ON, Hidayah N. Pengaruh Dukungan Sosial, Basis Pengetahuan Dan Orientasi Pribadi Terhadap Keberhasilan Wanita Wirausaha. J Manajerial Dan Kewirausahaan 2021;3:426. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11889.

[2] Avriyanti S. PENGARUH INOVASI PRODUK DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA (Studi Pada UMKM Bidang Kuliner Di Kabupaten Tabalong). J PubBis 2022;6:2022. https://doi.org/10.35722/pubbis.v6i1.582.

[3] Putri SY, Kusumaningtyas D, Damayanti S. Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Alen-Alen Mbak Sripit Melalui Business Model Canvas. Semin Nas Manajemen, Ekon dan Akuntasi 2023;8:496–506.

[4] Hermawaty J, Binangkit ID, Fikri K. PENGARUH SOSIALL MEDIA MARKETING DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP PENJUALAN PRODUK KETAN TALAM DURIAN PADA RUMAH KUE VIERA. J Ilm Mhs Merdeka EMBA 2023;2:300–13.

[5] Amalia LA, Zulistiani Z, Damayanti S. STRATEGI PEMASARAN MELALUI SOCIAL MEDIA INSTAGRAM DAN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Ardana Studio). Pros Semin Nas Manajemen, Ekon dan Akunt 2023;8:14–26.

[6] Lestari NI, Iswati H. The Effect Of SMEs Product Quality And Social Media On Repurchase Interest With Customer Satisfaction As An Intervening Variable. Kurs J Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis 2021;6:24–40.

[7] Aryoni A, Eldine A, Muniroh L. Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen. Manag J Ilmu Manaj 2019;2:1. https://doi.org/10.32832/manager.v2i2.2557.

[8] Sari RP, Islamuddin I. PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN INOVASI PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Pada Toko Jaya Rasa Bengkulu). J Manaj Modal Insa Dan Bisnis 2024;5:34–46.

[9] Kurniawati D. Inovasi produk TOGA Immunomodulator dan budidayanya. vol. 4. 1 ed. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management; 2023. https://doi.org/10.47679/ib.2023472.

[10] Elian Tania A, Lokasi dan Harga P, Hemawan H, Izzuddin A. PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN n.d.

[11] Ningtias INC, Istiasih H, Damayanti S. Pengaruh Influencer Endorse, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare the Originote Di Kota Kediri 2024:134–43.

[12] Sumarsid1 dan Atik Budi Paryanti2. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). J Ilm M-Progress 2022;12:70–83. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.867.

[13] Rozi IA. Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. n.d.

[14] Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 2020.

[15] Ghozali. Ghozali-2018_Compress.Pdf 2018:490.

[16] Sukriani N. Pengaruh Inovasi Dan Kreatifitas Terhadap Kinerja Usaha Pelaku Umkm Kuliner Di Kota Pekanbaru. J Bisnis Kompetitif 2022;1:64–71. https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i2.998.

[17] Fronika W. Pengaruh Media Sosial Terhadap Sikap Remaja. Fak Ilmu Pendidik Univ Negeri Padang 2019:1–15.

[18] Meithiana Indrasari. PEMASARAN%20DAN%20KEPUASAN%20PELANGGAN 2019:1–116.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Melati, P. A. S., Kusumaningtyas, D., & Damayanti, S. (2025). PENGARUH INOVASI PRODUK, MEDIA SOSIAL, DAN HARGA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN GRIYA DHAHAR DURIAN SLUMBUNG PAK MULYONO. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1263-1270. https://doi.org/10.29407/rnvahm47

Similar Articles

1-10 of 399

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>