PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAPUR CHUBBY

Authors

  • Indri Kusuma Wardani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Zulistiani Zulistiani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Susi Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Digital Marketing, Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji adanya pengaruh digital marketing dan juga word of mouth terhadap keputusan pembelian pada Dapur Chubby  baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini merupakan konsumen yang melakukan pembelian produk Dapur Chubby dengan jumlah sampel 40 responden yang diambil dengan metode non-probability sampling selama 3 bulan dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner melalui google form. Hasil pengujian menggunakan uji t (parsial) dapat diketahui bahwa digital marketing berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelain dengan nilai thitung sebesar 6,598 > ttabel 2,030 dan signifikansi 0,000 < 0,05 dan word of mouth berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,221 > ttabel 2,030  dengan signifikansi 0,003 < 0,05. Hasil penelitian menggunakan uji F (simlutan)  dapat diketahui bahwa digital marketing dan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara bersama dengan nilai Fhitung 75,990 > Ftabel 2,866 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Sesuai pengujian koefisien determinasi diperoleh angka Adjusted R Square sebesar 0,794 yang berarti sekitar 79,4% variabel keputusan pembelian bisa dijelaskan oleh variabel digital marketing dan juga word of mouth.

Downloads

Published

2023-08-08