SISTEM DIGITALISASI UMKM : MENINGKATKAN PENJUALAN NASI GORENG MELALUI SOSIAL MEDIA
Keywords:
Media Sosial, Pemasaran Digital, Digitalisasi UMKMAbstract
Artikel ini menganalisis strategi UMKM dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran meningkatkan penjualan nasi goreng "Ledoxan" dan mengevaluasi dampak penggunaan media sosial terhadap peningkatan penjualan. Artikel juga menjelaskan keuntungan dan tantangan terkait dengan pemanfaatan media sosial dalam bisnis nasi goreng. Studi menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi di UMKM untuk mengumpulkan data kegiatan usaha dan penerapan digital marketing. Hasil studi menunjukkan bahwa media sosial sebagai strategi pemasaran memberikan dampak positif pada penjualan nasi goreng "Ledoxan". UMKM dapat mencapai audiens lebih luas, mempromosikan produk secara interaktif, dan membangun hubungan lebih dekat dengan pelanggan. Namun, artikel ini juga mengidentifikasi tantangan, termasuk kesulitan dalam mengelola konten yang konsisten, persaingan tinggi di platform media sosial, dan menjaga reputasi yang baik. Studi diharapkan memberikan wawasan berharga bagi UMKM di sektor kuliner, terutama yang berbisnis nasi goreng, untuk mengoptimalkan media sosial sebagai strategi pemasaran guna meningkatkan penjualan dan meraih keberhasilan bisnis lebih baik.