PENGARUH VIRAL MARKETING, FLASH SALE, DAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA SHOPEE

Authors

  • Syaiful Hadi Wiyono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dian Kusumaningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Itot Bian Raharjo Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Viral Marketing, Flash Sale, Shopee Paylater, Pembelian Impulsif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Viral Marketing, Flash Sale, dan Shopee PayLater terhadap Pembelian Impulsif pada Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa progam studi manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri angkatan 2019. Teknik sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana dalam pengambilan data hanya dilakukan bagi mahasiswa pengguna Shopee dan menggunakan fitur pembayaran Shopee PayLater. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis dan diolah menggunakan SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa viral marketing berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, flash sale berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, sedangkan Shopee PayLater tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Secara simultan viral marketing, flash sale, dan Shopee paylater berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Wiyono, S. H., Kusumaningtyas, D., & Raharjo, I. B. (2023). PENGARUH VIRAL MARKETING, FLASH SALE, DAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA SHOPEE. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 2, 497–505. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/3217