PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KUALITAS KONTEN, DAN INTERAKSI PENGGUNA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SKINCARE TIKTOKSHOP

Authors

  • Dinda Vareza Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dian Kusumaningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Moch. Wahyu Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/pj9z6905

Keywords:

Minat Beli, Persepsi Kemudahan Aplikasi, Kualitas Konten, Interaksi Pengguna, Tiktok Shop

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan aplikasi, kualitas konten, dan interaksi pengguna terhadap minat beli produk skincare di TikTok Shop. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian kausal. Sampel berjumlah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online dengan skala Likert, kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda melalui bantuan SPSS v23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kualitas konten dan interaksi pengguna berpengaruh signifikan terhadap minat beli, sedangkan persepsi kemudahan aplikasi tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai koefisien determinasi sebesar 76,4%. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada fokus analisis terhadap integrasi tiga variabel digital marketing dalam konteks TikTok Shop sebagai platform sosial sekaligus marketplace, khususnya terhadap perilaku pembelian produk skincare oleh generasi muda. Temuan ini menegaskan bahwa strategi konten dan interaksi lebih berpengaruh dibanding kemudahan aplikasi dalam mendorong minat beli di platform digital.

References

[1] Zonathan AY. Indonesia Habiskan 188 Menit per Hari Akses Media Sosial. Goodstats 2025. https://goodstats.id/article/indonesia-habiskan-188-menit-per-hari-akses-media-sosial-qtU1j.

[2] Rafiq A. DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL SUATU MASYARAKAT 2020:18–29.

[3] Riyanto GP. TikTok Shop Resmi Berubah Nama Jadi Shop Tokopedia. Kompas.com 2024. https://tekno.kompas.com/read/2024/04/04/09350087/tiktok-shop-resmi-berubah-nama-jadi-shop-tokopedia (diakses 18 Desember 2024).

[4] Amalia LA, Zulistiani, Damayanti S. Strategi Pemasaran Melalui Social Media Instagram dan Tiktok Untuk Meningkatkan penjualan ( Studi Kasus Ardana Studio ) n.d.:14–26.

[5] Supriyanto A, Chikmah IF, Salma K, Tamara AW. Penjualan Melalui Tiktok Shop dan Shopee : Menguntungkan yang Mana ? 2023;1:1–16.

[6] Faryana AM. Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Komunikasi pemasaran Dalam pengembangan Bisnis Online Pada Akun @Byadindahijab. 2023.

[7] Jauhari SS. Produk Fashion Jadi Produk yang Paling Banyak Dibeli di Online Shop. Goodstats 2023. https://data.goodstats.id/statistic/produk-fashion-jadi-produk-yang-paling-banyak-dibeli-di-online-shop-WNrZx.

[8] Cahyani AN. Damjpak Penggunaan Skincare Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Laku-Lakui Di Desa Gondangrawe. 2023.

[9] Melida, Widodo MW. Analisis Pemanfaatan Marketplace Sebagai Sarana Penjualan Bagi Dropshipper Di Shopee. SIMANIS 2023;2:897–906.

[10] Wulandari A. Analisis Faktor-Fkator yang Memengaruhi Minat Penggunaan E-Money Menggunakan Model MOdifikasi Unified Theory Of Acceptance And Use Technology (UTAUT). 2023.

[11] Febriyani DA. Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 1 No. 11 November 2018 2018;1:10–9.

[12] Alviana RN, Kussudyarsana. The Influence Of Social media Engagement, Persepsi kualitas Produk, And Perception Of Application Ease On Buying Interest In TikTok Shop Fashion Products 2025;8:132–45.

[13] Ariana S, Kususmaningtyas D, Raharjo IB. Promosi Online, Word Of Mouth, Dan Kualitas Produk Pada Minat Beli Keripik Pisang UD. Warni Jaya 2023;2:702–10.

[14] Syaiful A. Pengaruh Copywriting Dan Kualitas Visual Konten pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pnegguna Instagram Di kelurahan Tanjung Selamat, Medan. 2022.

[15] Aurora C, Mahardini S, Hidayat M, Kurniawan L. Peran Digital Marketing , Content Creator , Dan Kualitas Konten Wardah Terhadap Minat Beli Gen Z. IKRAITH-EKONOMIKA 2024;7:240–8.

[16] Ningrum DS, Paramitha DA. Pengaruh orientasi belanja, kepercayaan dan pengalaman pembelian terhadap minat beli belanja online 2022:746–54.

[17] Wiyanti LNE. Pengaruh Marketing viral Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Dalam Aplikasi Tiktok Shop 2022:529–38.

[18] Siddik R, Roswaty, Veronica M. Pengaruh Konten Kreatif , Interaksi Pengguna dan Popularitas Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Program Afiliasi TikTok 2024;10:1048–58.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Vareza, D., Kusumaningtyas, D., & Widodo, M. W. (2025). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KUALITAS KONTEN, DAN INTERAKSI PENGGUNA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SKINCARE TIKTOKSHOP. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1190-1197. https://doi.org/10.29407/pj9z6905

Similar Articles

1-10 of 385

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>