KEUNGGULAN BERSAING MEMEDIASI INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM
Keywords:
Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran, UMKMAbstract
Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi produk dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran, inovasi produk dan kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran. Populasi pada penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kota Kediri berjumlah 5.808. Besaran sampel ditentukan 40 responden yang mengacu pada teori Roscoe bahwa sampel minimal 10 kali jumlah variabel. Penarikan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan Teknik analisis yang digunakan adalah Path Anayisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk dan orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing, sedangkan keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Inovasi produk dan orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, sedangkan inovasi produk dan orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing.